Bangun Sekolah Ramah Anak, Netty Ingin SMA dan SMK Se-Jabar Prioritaskan Tiga Hal Ini

Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan mengungkapkan, upaya mewujudkan SRA yang paling mudah dapat dilakukan melalui tiga hal

ISTIMEWA
Bunda Literasi Jawa Barat, Netty Heryawan saat menjadi narasumber Sekolah Ramah Anak Sebagai Rumah Kedua dan Sekolah Tanpa Kekerasan, di SMAN 10 Bandung Jalan Cikutra No 77 Bandung, Selasa (27/2/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 82 tahun 2015, tentang Sekolah Ramah Anak (SRA), Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat terus mendorong pembangunan SMA/SMK, baik dari segi infrastruktur maupun tenaga kependidikan.

Menurut peraturan tersebut, SRA harus memenuhi tiga unsur, yakni infrastruktur (hardware), bahan ajar atau kurikulum (software), dan SDM tenaga kependidikan (brainware).

Mengingat bahwa ketiga unsur tersebut cenderung sulit dan butuh proses yang panjang untuk diimplementasikan, maka Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan mengungkapkan, upaya mewujudkan SRA yang paling mudah dapat dilakukan melalui tiga hal berikut.

Baca: VIDEO: Tekstur Daging Bebeknya Empuk dan Gurih Ada di Bebek Goreng Baceo Bandung

Pertama ialah penyambutan dan penerimaan guru terhadap muridnya. Bagi Bunda Netty, menjalin pendekatan dengan peserta didik akan membawa rasa nyaman dan suasana yang bersahabat, sehingga siswa akan senang dan bersemangat menjalani kegiatan di sekolah.

"Ini penting, minimal tanya kabar siswa, ungkit hal-hal yang disukainya. Sambutlah mereka sebagaimana kita menyambut anak-anak kandung kita," kata Bunda Netty saat menjadi narasumber Sekolah Ramah Anak Sebagai Rumah Kedua dan Sekolah Tanpa Kekerasan, di SMAN 10 Bandung Jl. Cikutra No. 77 Bandung, Selasa (27/2/2018).

"Gunakanlah gaya komunikasi antara orang tua dengan anak, bukan seperti atasan dengan bawahan," lanjutnya.


Selain itu, proses belajar yang menyenangkan bagi siswa menjadi poin penting kedua yang harus diprioritaskan dalam mewujudkan SRA. Poin ini dibuktikan langsung oleh Netty dengan bertanya pada siswa siswi SMAN 10.

Saat Netty bertanya mata pelajaran yang paling disukai, jawaban para siswa beragam, mulai dari matematika, olahraga hingga KWU (Kewirausahaan). Namun saat ditanya alasannya, semua siswa dengan kompak menjawab karena guru mata pelajaran tersebut ramah, asyik, supel dan bersahabat.

Halaman
12
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved