Ketua APPSI Sebut Selama Ini Gubernur Terlalu Asyik dengan Kekuatan Sendiri

"Kebijakan pusat apa yang mengganggu perrumbuhan daerah, yang menghambat pendapatan," katanya.

Ketua APPSI Sebut Selama Ini Gubernur Terlalu Asyik dengan Kekuatan Sendiri
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, seusai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel The Trans Luxury, Kota Bandung, Rabu (21/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang diselenggarakan pada 21-23 Februari 2018 di Hotel The Trans Luxury di Kota Bandung, menjadi momentum bagi setiap provinsi di Indonesia untuk memperkuat perdagangan antarprovinsi.

Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, mengatakan rakernas ini dapat menjadi penguat konektivitas dan sinergisitas antarprovinsi dalam meningkatkan kegiatan ekonominya.

Antarprovinsi, katanya, bisa saling memperdagangkan komoditas unggulannya.

"Masyarakat Jabar mendapat 650 ekor sapi dengan cara membeli ke Jawa Timur dan sebaliknya tekstil dari Jawa Barat dijual ke Jawa Timur. Begitupun untuk komoditas lainnya seperti bawang, cabai, jagung, kopi, beras," kata Tjahjo Kumolo seusai pembukaan kegiatan tersebut.


Tjahjo Kumolo mengatakan dalam kesempatan ini, setiap pemerintah daerah bisa secara langsung meminta pemerintah pusat melakukan beberapa hal supaya memperlancar pembangunan di daerah.

"Kebijakan pusat apa yang mengganggu perrumbuhan daerah, yang menghambat pendapatan," katanya.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo yang juga sebagai Ketua APPSI, mengatakan perdagangan antardaerah ini harus diperkuat sehingga impor barang dapat dihindari.

Dengan berdagang antarprovinsi, katanya, akan jauh lebih menguntungkan perekonomian dalam negeri.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved