15 Kukang Jawa Jalani Habituasi di Suaka Margasatwa Gunung Sawal

Sebanyak 15 individu Kukang Jawa (Nycticebus Javanicus) akan menjalani proses habituasi di Suaka Margawatwa (SM) Gunung Sawal

15 Kukang Jawa Jalani Habituasi di Suaka Margasatwa Gunung Sawal
Istimewa
Kukang jawa 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.CO.ID, CIAMIS - Sebanyak 15 individu Kukang Jawa (Nycticebus Javanicus) akan menjalani proses habituasi di Suaka Margawatwa (SM) Gunung Sawal, Ciamis, Jawa Barat, Selasa, (6/2/2018).

Habituasi merupakan tahap akhir bagi kukang sebelum benar-benar dilepasliarkan dan bebas di alam liar.

Kelima belas primata yang dilindungi tersebut merupakan barang bukti hasil penyitaan penegak hukum Kepolisian di Tasikmalaya dan Bandung pada 2016 lalu dari sindikat perdagangan kukang.

Baca: Populasi Kukang Jawa di Tasikmalaya Terancam Punah, Belasan Kukang Siap Dilepasliarkan

Kukang yang akan dihabituasi kali ini terdiri dari 5 individu jantan dan 10 individu betina, masing-masing adalah Jagara, Cisa, Gemblong, Kumal, Jona, Dores, Gini, Gaza, Rusma, Elsa, Also, Kucel, At, Budiman dan Lola.

Mereka sudah siap dikembalikan ke alam bebas setelah melewati serangkaian perawatan dan pemulihan di Pusat Rehabilitasi IAR Indonesia di Kaki Gunung Salak, Ciapus, Bogor, Jawa Barat.

"Semua satwa sudah menjalani proses rehabilitasi yang cukup panjang. Mulai dari karantina, pemeriksaan medis, observasi perilaku, pengayaan pakan hingga mereka lulus dan dinyatakan sehat untuk dilepasliarkan," ujar Prameswari Wendi, Manager Animal Care IAR Indonesia.

Wendi menambahkan, proses rehabilitasi dilakukan untuk mengembalikan sifat liar alaminya.


“Kondisi kukang yang menjadi korban perdagangan umumnya sangat memprihatinkan. Mereka mengalami trauma, stres dan malnutrisi akibat ditumpuk dan disimpan di tempat yang kotor serta sempit,” tambahnya.

Program konservasi kukang di SM Gunung Sawal merupakan kerjasama antara Balai Besar KSDA Jawa Barat dengan International Animal Rescue (IAR) Indonesia.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved