Ternyata Ini Loh yang Jadi Penyebab Gangguan Jiwa

Gangguan karena adanya pikiran, contohnya seperti ada halusinasi dan dirinya memiliki sebuah keyakinan pada sesuatu

TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Suasana di lokasi penemuan mayat di Gang Nusa Indah 6 RT 07/17, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (30/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.CO.ID, PARONGPONG - Masalah gangguan jiwa seperti yang dialami keluarga terduga pengawetan mayat di Gang Nusa Indah 6, RT 07/17, Kelurahan Melong, Kota Cimahi, menurut Wakil Direktur pelayanan RSJ Provinsi Jawa Barat, dr Riza Putra penyebabnya terbagi ke beberapa kategori.

Baca: Heboh Siswi SMA Karaoke Telanjang Dada, Ini Kode-kodenya di Prostitusi Online

Kategori gangguan jiwa pertama, kata Riza, karena adanya pikiran, kedua emosional, dan ketiga psikomotor.


Gangguan karena adanya pikiran, contohnya seperti ada halusinasi dan dirinya memiliki sebuah keyakinan pada sesuatu, misalnya mendapat bisikan atau tugas dari seseorang atau Tuhan.


"Padahal perintah itu tidak ada, namun dia tetap yakin itu benar ada. Lalu, psikomotor terkadang dia gelisah, dan emosional biasanya berteriak-teriak karena banyak dipengaruhi oleh halusinasi," katanya di RSJ Provinsi Jabar, Parongpong, Bandung Barat, Kamis (1/2/2018).

Selain itu, Riza juga membenarkan bahwa gangguan jiwa bisa disebabkan karena genetika. Namun, Riza menyebut penyebab genetika itu angkanya sangat kecil.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved