Gerhana Bulan Total

Warga Cimahi Antusias Laksanakan Salat Gerhana di Masjid Agung

Setelah sholat maghrib, suara takbir pun bergema yang membuat sejumlah warga Cimahi terus berdatangan ke Masjid tersebut.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Suasana menjelang salat gerhana bulan di Masjid Raya Cimahi, Rabu (31/1/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.CO.ID, CIMAHI - Warga Kota Cimahi terus berdatangan ke Mesjid Agung Cimahi untuk melaksanakan salat gerhana bulan total, Rabu (31/1/2018).

Setelah salat maghrib, suara takbir pun bergema yang membuat sejumlah warga Cimahi terus berdatangan ke Masjid tersebut.

Mereka terlihat khusyuk ketika melaksanakan takbir sembari menunggu salat gerhana bulan total dimulai.

Menurut Ketua DKM Masjid Agung Cimahi, Totong Sholehuddin ketika masuk fase umbra pengurus Masjid langsung melaksanakan takbir.

"Setelah takbir dilaksanakan salat gerhana dilakukan setelah salat Isya, kemudian takbir lagi baru nanti khutbah," ujar Totong Sholehuddin saat ditemui di Masjid Agung Cimahi, Rabu (31/1/2018).

Baca: Warga Antusias Saksikan Gerhana Bulan di Lapan Sumedang

Untuk warga yang hadir kata dia, sejak Magrib sudah ada 6 shaf yang melaksanakan salat dan per shafnya ada sekitar 50 orang.

"Berarti dari awal sudah ada sekitar 600 orang dan ini terus berdatangan, hingga pelaksanaan salat gerhana akan terus bertambah," katanya.

Menurutnya, jika melihat atusias masyarakat yang terus berdatangan akan menjadi barometer karena atusias masyarakat tersebut bisa terlihat kesadaraan beragamanya cukup tinggi.

Baca: Polda Jabar Buka Saluran Pengaduan Kasus Penggelapan Dana Umrah PT SBL

Selain itu kata dia, gerhana bulan total ini merupakan kebesaran dan kekuasan Allah SWT yang harus disaksikan langsung oleh masyarakat.

"Secara akidah dan tauhid bahwa Allah sedang memperlihatkan kekuasaannya dan sangat sayang sekali jika kita tidak melihatnya dan mudah-mudahan terang," kata Totong.

Kalau pun tidak terang, kata dia masyarakat harus yakin dengan sisi kekuasan Allah karena masih banyak sisi yang lainnya.


Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved