Stok Pupuk Aman, Petani di Tasikmalaya Diminta Tidak Usah Resah

"Rata-rata produksi pupuk kami per harinya mencapai 3.500 ton, yang diproduksi di dua pabrik milik kami,"

Stok Pupuk Aman, Petani di Tasikmalaya Diminta Tidak Usah Resah
TRIBUN JABAR / ZELPHI
Petani melakukan penyemprotan pupuk NPK pada tanaman brokoli, Senin (18/1/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.CO.ID, TASIKMALAYA- Memasuki musim tanam (MT) tahun 2018, PT Pupuk Kujang menjamin ketersediaan pupuk urea, NPK dan pupuk organik.

Karenanya jika terjadi kelangkaan diiringi kenaikan harga pupuk, dipastikan hal itu sebagai ulah para spekulan.

"Kami menjamin ketesediaan berbagai jenis pupuk memasuki MT 2018 yang akan dimulai sekitar bulan Maret dan April. Stok pupuk urea saja saat ini mencapai 66.963 ton atau sekitar 174 persen dari stok yang harus disediakan secara normal di Jawa Barat dan Banten," kata Manajer Komunikasi PT Pupuk Kujang, Ade Cahya, Sabtu (28/1/2018).

Karenanya, lanjut Ade, jika ternyata di lapangan terjadi kelangkaan pupuk dan biasanya disusul dengan kenaikan harga melebihi HET, bisa dipastikan itu adalah ulah-ulah para spekulan.


Pihak PT Pupuk Kujang sudah berkoordinasi dengan seluruh dinas terkait daerah di Jabar dan Banten untuk mengantisipasi munculnya ulah spekulan.

"Tidak hanya urea, stok pupuk NPK dan organik juga dalam kondisi sangat aman. Stok pupuk organik misalnya saat ini mencapai 5.844 ton atau setara dengan 244 persen dari ketentuan yang ada. Jadi diharapkan para petani tidak usah resah menghadapi MT bulan Maret dan April nanti, seterusnya sepanjang tahun 2018," ujar Ade.

Disebutkannya, kapasitas produksi pupuk PT Pupuk Kujang mencapai 1 juta ton per tahun. Sementara kebutuhan untuk wilayah Jabar-Banten hanya 600.000 ton per tahun.

Baca: Banyak Pengurus Parpol Tak Punya KTP, Anggota DPRD Ini pun Terkejut

Halaman
12
Penulis: Firman Suryaman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved