VIDEO: Bea Cukai dan Polrestabes Bandung Gagalkan Penyelundupan Narkotika Sebanyak 1.970 Gram

Oleh BZ, narkotika jenis Ketamine sebanyak 1.970 gram tersebut dimasukkan ke dalam dua buah handuk dan keempat sisinya dijahit.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Petugas Bea Cukai Bandung dan Polrestabes Bandung berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Narkotika jenis ketamine pada Rabu (10/1/2018).

Kejadian tersebut terjadi di Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Pihak Bea Cukai dan Polrestabes Bandung menggagalkan upaya penyelundupan ketamine sebanyak 1.970 gram.

"Dari pengungkapan tersebut, kami berhasil menangkap seorang pria berwarga negara China yang berinisial BZ," kata Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jabar, Saipullah Nasution di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung, Jalan Rumah Sakit, Kota Bandung, Senin (15/1/2018).


Oleh BZ, narkotika jenis Ketamine sebanyak 1.970 gram tersebut dimasukkan ke dalam dua buah handuk dan keempat sisinya dijahit.

Saat jahitan dibuka, pihak Bea Cukai dan Polrestabes Bandung menemukan serbuk kristal halus berwarna putih yang diketahui dalah narkotika.

"Setelah dilakukan pengecekan terhadap serbuk tersebut menggunakan narcotest, hasilnya positif masuk dalam golongan psikotropika," ujar Saipullah.

Saipullah menjelaskan, ketamine merupakan senyawa sintetik yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan ekstasi.

Setiap satu gram ketamine, bisa memproduksi 20 butir ekstasi.

Dengan terungkapnya kasus ini, artinya sekira 39.400 jiwa terselamatkan dari bahaya narkoba .

Total harga ketamine yang disita ialah Rp 4 miliar.

Terungkapnya kasus penyelundupan narkotika tersebut menurut Saipullah merupakan tanda bahwa jaringan narkotika internasional masih menjadikan Indonesia sebagai pasar peredaran narkotika.

"Ini merupakan wujud keberhasilan dan aksi nyata Bea Cukai Bandung dan Polrestabes Bandung dalam pemberantasan narkotika di Indonesia," kata Saipullah.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved