Geopark Ciletuh Penuhi Kriteria jadi Taman Bumi Dunia UNESCO

Geopark Ciletuh Palabuhanratu, akhirnya resmi ditetapkan memenuhi kriteria sebagai Taman Bumi Dunia (Global Geopark).

Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Pengunjung menikmati pemandangan dari puncak Curug Awang di Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR. CO. ID, BANDUNG - Geopark Ciletuh Palabuhanratu, akhirnya resmi ditetapkan memenuhi kriteria sebagai Taman Bumi Dunia (Global Geopark).

Penetapan akan dilakukan dalam sidang Executive Board pada tanggal 4-17 April 2018.

Pencapaian tersebut tidak lepas dari pihak-pihak yang terlibat aktif dari sejak awal pengembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu seperti Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Bio Farma, Universitas Padjadjaran, Masyarakat dan Komunitas Lokal di kawasan Geopark.

Terkait penetapan tersebut, pada 3 Januari 2018, Bio Farma telah menerima apresiasi dalam bentuk surat resmi dari Global Geopark Network (GGN) yang ditandatangani oleh Guy Martini selaku Sekjen GGN yang berkantor pusat di Paris.

Guy menyatakan menyampaikan apresiasi kepada Bio Farma atas dukungannya pada UNESCO Global Geopark Project di Indonesia, ide mengenai kerjasama sektor swasta dengan masyarakat sekitar, melalui pemberdayaan dan pengembangan kawasan Geopark tersebut sangat penting.

Baca: Ini Suasana Terkini Stadion GBLA, Teriakan Bobotoh Persib Hidup Persib Terus Bersautan

"Bentuk kerjasama antara Bio Farma dengan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu dapat dijadikan sebagai percontohan, bagaimana sektor swasta terlibat aktif dalam menciptakan dan mengembangkan Geopark yang sehat di Indonesia, " katanya dalam rilis yang diterima Tribun, Selasa (16/1/2018).

R.Herry, Kepala Divisi Pengelolaan Lingkungan dan Sosial Bio Farma, yang beberapa tahun terakhir telah diberikan tugas oleh Bio Farma untuk terlibat dalam berbagai program CSR dan pengembangan masyarakat di Geopark Ciletuh Palabuhanratu mengatakan pihaknya menyambut positif dan bangga dengan keputusan bahwa Geopark Ciletuh Palabuhanratu memenuhi kriteria sebagai Taman Bumi Dunia (Global Geopark) oleh UNESCO.

Baca: Harga Beras di Garut Melambung Tinggi, Polda Jabar Kerahkan Tim Khusus

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved