Breaking News:

Pilkada Serentak

Alasan Polres Sumedang Ajak 2 Ormas Ini Tandatangani Kesepahaman Anti Radikalisme dan Intoleransi

Untuk meminimalisir adanya bibit-bibit radikalisme dan intoleransi, Polres Sumedang merangkul Pemkab Sumedang dan dua ormas . . .

TRIBUN JABAR/Seli Andina Miranti
Penandatanganan nota kesepahaman anti radikalisme dan intoleransi Polres, Pemkab, dan perwakilan ormas Sumedang di Gedung Islamic Center Sumedang, Jumat (29/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Seli Andina

TRIBUNJABAR.CO.ID, SUMEDANG - Untuk meminimalisir adanya bibit-bibit radikalisme dan intoleransi, Polres Sumedang merangkul Pemerintah Kabupaten Sumedang dan dua ormas Islam terbesar di Sumedang, Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Keempat lembaga berbeda tersebut melakukan perjanjian dan menandatangani nota kesepahaman untuk sama-sama memerangi radikalisme, intoleransi, dan bibit terorisme.

"Gambaran isi nota kesepahamannya melibatkan dua ormas ini (NU dan Muhammadiyah) karena dua ormas ini memiliki lembaga pendidikan," ujar Kapolres Sumedang, AKBP Hari Brata, ketika ditemui Tribun Jabar di Islamic Center Sumedang, Jumat (29/12/2017).

Baca: Detik-detik Menegangkan, Penyelamatan Warga yang Akan Bunuh Diri dari Lantai 16 di Bandung

Lembaga pendidikan, diakui Kapolres Sumedang, kerap menjadi sasaran utama dari upaya menekan radikalisme dan intoleransi.

Selain itu, masyarakat pun menjadi sasaran lain untuk menghindari tersebarnya bibit-bibit radikalisme, intoleransi, dan terorisme.

"Kami akan menekan hal-hal tersebur melalui para ustaz dan dai dari dua ormas Islam tersebut," ujar AKBP Hari Brata.

Dai-dai dan ustaz-ustaz diharapkan mampu menyampaikan pengenalan ciri-ciri radikalisme dan intoleransi dan mampu menangkalnya.

"Kedua belah pihak (NU dan Muhammadiyah) bisa kerjasama memberikan informasi dan masukan yang positif bagi kami," ujarnya. (*)

Penulis: Seli Andina Miranti
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved