Rawan Kecelakaan, Warga Minta Jalur Bandung-Lembang via Punclut Dipasangi PJU

"Penerangan jalan hanya ada di titik Padepokan Madani sampai Pagermaneuh, jadi kalau malam disini gelap sekali," ujar Yadi (24), warga setempat.

Tribun Jabar/Isep Heri Herdiansah
Kondisi di Tanjakan Naga Selasa siang (26/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Isep Heri

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalur Bandung-Lembang via Punclut begitu minim. Padahal jalur ini kerap ini digunakan sebagai jalur alternatif kendaraan dari Bandung menuju Lembang.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, PJU hanya tersedia di beberapa titik di sepanjang jalur ini. Padahal kontur jalanan ini memiliki tanjakan terjal dan berkelok.

Seperti di Tanjakan Naga di Desa Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang tidak dilengkapi oleh PJU.

Baca: Pemkab Bandung Wajibkan Warganya Menangani Sampah Rumah Tangga Berwawasan Lingkungan

Pada siang hari saja di tanjakan tersebut banyak pengemudi kewalahan saat melintas apalagi kalau malam hari yang tidak ada PJU, menjadikannya rawan kecelakaan.


"Penerangan jalan hanya ada di titik Padepokan Madani sampai Pagermaneuh, jadi kalau malam disini gelap sekali," ujar Yadi (24), warga setempat.

Menurut Yadi, walau minim PJU, jalur tersebut terbilang aman.

Baca: Pertamina Serahkan Sepenuhnya Kasus Pertalite Oplosan ke Penegak Hukum

"Di Tanjakan Naga kalau malam gelap dan cukup rawan, tapi selama ini tidak ada kejadian seperti begal atau yang lainnya di jalur ini," ujar Yadi.

Kendati demikian, ia mengharapkan agar pemerintah bisa memfasilitasi PJU di kawasan tersebut, tak hanya di Tanjakan Naga saja.

Mengingat jalur tersebut menjadi akses alternatif bagi pengendara dari Lembang maupun Bandung apalagi pada musim liburan seperti ini.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Yudha Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved