Cegah Penyempitan Jalan di Exit Tol, Pemprov Rencanakan Pelebaran di 4 Akses Tol Soroja

Penyempitan jalan atau bottle neck menuju jalan raya ini dikhawatirkan akan menimbulkan titik kemacetan baru di sekitar Soroja.

Cegah Penyempitan Jalan di Exit Tol, Pemprov Rencanakan Pelebaran di 4 Akses Tol Soroja
(TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Presiden RI Joko Widodo bersama rombongan meninjau Jalan Tol Soroja (Soreang - Pasir Koja) seusai diresmikan di Gerbang Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12/2017). Dengan dibukanya Tol Soroja sepanjang 10,57 km, waktu tempuh Bandung - Soreang yang biasanya ditempuh 1,5 jam dapat dipangkas hingga jadi 12 menit. Tol dengan nilai investasi Rp l,765 triliun itu terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi (Purwakarta - Cileunyi) melalui persimpangan di KM 132. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG- Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Senin (4/12/2017), masih harus ditunjang dengan pelebaran akses penghubung antara gerbang tol dengan jalan umum, juga pelebaran badan jalan di sekitarnya.

Penyempitan jalan atau bottle neck menuju jalan raya ini dikhawatirkan akan menimbulkan titik kemacetan baru di sekitar Soroja.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar, Guntoro, mengatakan untuk mengantisipasi kemacetan di exit tol, Pemprov Jabar membangun jalan penghubung antara Gerbang Tol Soreang sampai Jalan Alfathu atau gerbang Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung.


Tidak tanggung-tanggung, jalan penghubung ini memiliki panjang 800 meter dan lebar sampai delapan lajur.

Pembangunan jalan akses ini bertujuan mengurai kepadatan kendaraan yang menuju arah Soreang dan Ciwidey.

"Pembangunan akses pendukungnya sedang berjalan terus. Sekarang ini sudah sampai akses Gerbang Tol Soreang ke arah Pemkab Bandung. Sepanjang 800 meter itu bantuan Pemprov Jabar, termasuk pembebasan lahannya. Biayanya sampai Rp 35 miliar," kata Guntoro di Gedung Sate, Senin (4/12/2017).

Baca: TERPOPULER: Kabar Terbaru Mantan Istri Demian Hingga Penampilan Aming Bikin Netter Merasa Miris

Tol Soroja, katanya, memiliki lima gerbang tol, yakni Soreang, Margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, dan Kutawaringin Timur.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved