Transaksi Modal dan Finansial RI pada Triwulan III 2017 Alami Surplus

Dikutip Tribun dari siaran pers Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Senin (4/12/2017), peningkatan surplus tersebut

Transaksi Modal dan Finansial RI pada Triwulan III 2017 Alami Surplus
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG- Surplus transaksi modal dan finansial meningkat signifikan terutama didukung oleh besarnya arus modal masuk dalam bentuk investasi langsung, seiring optimisme terhadap kinerja ekonomi domestik.

Transaksi modal dan finansial pada triwulan III 2017 mencatat surplus USD10,4 miliar, meningkat signifikan dibandingkan dengan surplus triwulan II 2017 sebesar USD 5,8 miliar dan lebih besar daripada surplus triwulan III 2016 sebesar USD 9,9 miliar.

Dikutip Tribun dari siaran pers Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Senin (4/12/2017), peningkatan surplus tersebut secara triwulanan didukung kenaikan surplus investasi langsung, sejalan dengan kenaikan realisasi investasi domestik.


Peningkatan surplus juga seiring penurunan defisit investasi lainnya, terutama karena menurunnya outflow penempatan simpanan swasta domestik di luar negeri.

Peningkatan surplus transaksi modal dan finansial lebih lanjut tertahan oleh penurunan surplus investasi portofolio terutama karena keluarnya dana asing dari pasar saham domestik.

Baca: Berharap Jadi Bagian dari Rencana Mario Gomez, Herrie Setyawan Tutup Tawaran untuk Klub Lain

Perkembangan surplus NPI pada triwulan III 2017 secara keseluruhan menunjukkan terpeliharanya keseimbangan eksternal perekonomian sehingga turut menopang berlanjutnya stabilitas makroekonomi.

Bank Indonesia terus mewaspadai perkembangan global, khususnya risiko terkait kebijakan moneter dan fiskal di AS dan tekanan geopolitik di beberapa kawasan yang dapat memengaruhi kinerja neraca pembayaran secara keseluruhan.

Bank Indonesia meyakini kinerja NPI akan semakin baik didukung bauran kebijakan moneter dan makroprudensial, serta penguatan koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, khususnya dalam mendorong kelanjutan reformasi struktural. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved