Ketua DPW PKB Jabar Luncurkan Buku Tentang Pembangunan Desa

Staf Khusus Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Syaiful Huda, meluncurkan buku "Dari Desa Membangun Indonesia" dan . . .

Ketua DPW PKB Jabar Luncurkan Buku Tentang Pembangunan Desa
TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
Staf Khusus Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Syaiful Huda, memberikan buku "Dari Desa Membangun Indonesia" dan gagasan Sembilan Sayap Gerakan Desa kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Universitas Pendidikan Indonesia, Senin (20/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Staf Khusus Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Syaiful Huda, meluncurkan buku "Dari Desa Membangun Indonesia" dan gagasan Sembilan Sayap Gerakan Desa di Universitas Pendidikan Indonesia, Senin (20/11/2017).

Dalam bukunya, Huda yang juga merupakan Ketua DPW PKB Jawa Barat ini, menjabarkan kumpulan artikel terkait dengan pembangunan desa. "Dari Desa Membangun Indonesia" merupakan buku kelima yang ditulis Huda.

Dari 14 artikel yang semuanya sudah terbit di media massa itu, beberapa di antaranya mengulas tentang kesejatian makna dari jihad yang seharusnya diselaraskan dengan kondisi kebangsaan saat ini, bahwa setiap insan di Indonesia berkewajiban membangun bangsa dan negara.

Baca: Sebelum Dibawa ke Rutan KPK, Setya Novanto Heboh Disebut dalam Pemberitaan 5 Tokoh Ini

"Kepemimpinan muda di desa menjadi salah satu inspirasi buku ini. Kebanyakan kepala desa selama ini lulusan SMP. Kita butuh kepala desa yang inovatif dan progresif. Karenanya harus ada kepemimpinan muda di tingkat desa," kata Huda dalam sambutannya.

Launching buku ini juga disertai dengan peluncuran gagasan Sembilan Sayap Gerakan Desa yang dimotori oleh Kemenerian Desa PDT, sebagai bentukan kelompok masyarakat yang bertugas mengawal serta membantu masyarakat dan aparatur desa dalam membangun sumber daya kewilayahan serta masyarakatnya.


Adapun kesembilan sayap gerakan desa tersebut yang dijabarkan dalam kegiatan tersebut adalah Gerakan Pemuda Desa (Garda Desa), Ikatan Bidan Desa (IBDA), Asosiasi Pengelola BUM Desa (APeBDes) Korps Perempuan Desa Mandiri (KPDM), Gabungan Petani Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (GAPRUKDes), Asosiasi Pedagang Pasar Desa (ASPARDes), Sarekat Saudagar Desa, Lingkar Seni Budaya Desa, dan Kantor Berita Desa.

Kegiatan ini dihadiri Menteri Desa PDT Eko Putro Sandjojo, Jajaran Rektorat UPI, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin), serta kalangan akademisi yang siap mengupas buah pemikiran dari Syaiful Huda tersebut. (*)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved