Penting Diketahui, Barang Bawaan Penumpang dari Luar Negeri Maksimal Senilai 250 Dolar AS

"Jika penumpang membawa barang melebihi batas nilai tersebut, kelebihannya akan dikenakan bea masuk atau pajak impor,"

Penting Diketahui, Barang Bawaan Penumpang dari Luar Negeri Maksimal Senilai 250 Dolar AS
TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA
BANDARA RAMAI: Sejumlah calon penumpang pesawat tengah mengantre di pintu masuk Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jumat (18/4/2014). Memasuki liburan panjang, sebagian warga mengisi liburan menggunakan transportasi darat, laut dan udara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNJABAR.CO.ID, JAKARTA - Penting untuk diketahui, bahwa barang bawaan penumpang dibatasi senilai 250 dolar AS per orang atau 1000 dollar AS per keluarga bagi anda yang baru pulang dari perjalanan dari luar negeri.

Demikian pesan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti kepada Anda yang suka atau sedang merencanakan bepergian ke luar negeri (LN).

Apalagi yang suka berbelanja di negara yang dikunjungi, perlu memperhatikan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor: 188/PMK.04/2010 disebutkan bahwa barang bawaan penumpang dibatasi senilai 250 dollar AS per orang atau 1000 dollar AS per keluarga.

Baca: Setya Novanto Minta Ridwan Kamil Bantu Memenangkan Nurul Arifin di Pilwalkot Bandung

Baca: Dokter di Jakarta Tembak Istrinya Enam Kali Gara-gara Minta Cerai

Menurut Nufransa, pembatasan juga termasuk untuk 200 batang sigaret atau 25 batang cerutu atau 100 gram tembakau iris, dan 1 liter minuman yang mengandung alkohol.

"Jika penumpang membawa barang melebihi batas nilai tersebut, kelebihannya akan dikenakan bea masuk atau pajak impor," kata Nufransa sebagaimana dikutip Tribunnews.com dari laman Setkab, Kamis (9/11/2017).

Perkecualian kata dia, diberikan untuk para pelintas batas.

Menurut Pasal 12 ayat 1 PMK Nomor: 188/PMK.04/2010, Terhadap Barang Pribadi Pelintas Batas diberikan pembebasan bea masuk, dengan ketentuan nilai pabean sebagai berikut:

Halaman
12
Editor: Ravianto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved