Anggota DPR RI Komisi V Datangi Lokasi Bedah Rumah Program PUPR, Ini Harapannya untuk Tahun Depan

Anggota DPR RI Komisi V, Agung Budi Santoso melakukan kegiatan reses di daerah pemilihannya Bandung dan Cimahi.

Anggota DPR RI Komisi V Datangi Lokasi Bedah Rumah Program PUPR, Ini Harapannya untuk Tahun Depan
TRIBUN JABAR/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA
Anggota DPR RI Komisi V, Agung Budi Santoso saat meninjau langsung rumah yang sedang dibedah dari program Kemenpupr, Kamis (2/11/2017) di Kelurahan Dunguscariang, Kecamatan Andir. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Anggota DPR RI Komisi V, Agung Budi Santoso melakukan kegiatan reses di daerah pemilihannya Bandung dan Cimahi.

Agung mengatakan ia mengunjungi kembali wilayah Kelurahan Dunguscariang untuk mengerjakan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR.

Sebanyak 30 rumah siap dibedah di kawasan Dunguscariang di 2017. Sehingga, Agung berharap tahun depan program Kemenpupr ini bisa terus berlanjut di tahun berikutnya.

Baca: Tak Kunjung Disodori kontrak Baru, Irfan Bachdim Menyeberang ke Persib Bandung?

Karena dapat terlihat dan terasa langsung oleh warga masyarakat melalui pembedahan rumah tidak layak huni menjadi rumah sehat yang layak huni.

"Tahun ini kami bedah 30 rumah dan tahun 2018 kami sudah usulkan sebanyak 42 rumah. Tapi, untuk total Bandung dan Cimahi saya mengusulkan ada 1.500 rumah, sedangkan dari tahun 2011 kami sudah membedah sebanyak 1.200an rumah," katanya di Kelurahan Dunguscariang, Kamis (2/11/2017).

Agung juga menyebutkan bahwa Kemenpupr hanya dapat memberikan bantuan ke warga berupa bahan material dari biaya Rp 7,5 juta hingga Rp 15 juta, tergantung kondisi rumah.


"Kami melihat kondisi rumah yang jelek. Kami juga dapat acuan petunjuk dari Kemenpupr terkait rumah yang dapat bantuan BSPS. Biasanya itu rumah tipe aladin (atap, lantai, dinding). Atapnya genteng plentong, lantai tanah, dan dinding bilik. Tapi, untuk kota besar seperti Kota Bandung Cimahi itu tiga kriteria tersebut sulit. Akhirnya, saya ajukan keringanan ke Dirjen dan pak Mentri PU untuk Kota Bandung dan Cimahi rata-rata sudah berdinding paling tidak triplek atau batu bata yang mau roboh diberikan bantuan," ucapnya.

Selain di wilayah Kelurahan Dunguscariang, Agung juga menyebut ada di wilayah lain seperti di Ciroyom yang mendapat bantuan pembedahan sebanyak 27 rumah di 2017. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved