Breaking News:

VIDEO: Untuk Menanggulangi Bencana, PMI Bandung Hadirkan Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

Untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, lanjut Priyo Handoko, PMI membekali relawan Sibat dengan ilmu kebencanaan.

Penulis: Yongky Yulius | Editor: Jannisha Rosmana Dewi

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Sejumlah wilayah di Kota Bandung rawan terkena bencana longsor.

Berdasarkan itu, Palang Merah Indonesia (PMI) miliki relawan Sibat yang merupakan singkatan dari Siaga Bencana Berbasis Masyarakat.

Hal tersebut dikatakan oleh Kasubbag Infokom PMI Kota Bandung, Priyo Handoko, kepada Tribun Jabar, Kamis (26/10/2017), di kantornya.

"PMI ada dua bagian. Ada markas, dan ada UTD (Unit Transfusi Darah). Kita markas lebih ke siaga bencana. Bencana alam, atau bencana karena ulah manusia. Kita sekarang banyak menangani kasus longsor dan banjir," ujarnya.

Untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, lanjut Priyo Handoko, PMI membekali relawan Sibat dengan ilmu kebencanaan.


Relawan yang ada per kecamatan, berjumlah sedikitnya 30 orang.

"Per kecamatan 30 orang. PMI merekrut 30 orang, relawan Sibat. Kita dapat anggaran dari Pemkot. Tiap-tiap wilayah kecamatan sudah punya relawannya. Begitu ada bencana, mereka bisa melakukan penanganan awal. Lalu, nanti PMI Kota Bandung juga support mereka," kata Priyo Handoko.

Sibat ini dibentuk, lanjutnya, untuk menangani bencana, mengingat sekarang sudah mulai memasuki musim hujan.

"Musim pancaroba. Perubahan cuaca mulai ekstrim. Mulai ke musim penghujan. Mulai muncul penyakit, longsor, banjir. Jadi, PMI Bandung dan Sibat siaga 24 jam," ujar Priyo.

Priyo mencontohkan, bantuan yang dilakukan oleh PMI Bandung dan relawan Sibat adalah membuat sebuah dapur umum.

"Misal ada banjir. Kita buat dapur umum. Kita turunkan juga lima perahu, yang pake dayung, yang pake motor ke bencana banjir," ujarnya.

Terakhir kali, kata Priyo Handoko, PMI Bandung menangani bencana di daerah Cidadap.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved