Pilgub Jabar

Firman Manan Nilai Uu Cocok Dampingi Emil, Ini Alasannya

Setelah PPP resmi bergabung dengan PKB dan NasDem untuk mendukung Ridwan Kamil, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dianggap . . .

Firman Manan Nilai Uu Cocok Dampingi Emil, Ini Alasannya
INSTAGRAM RIDWAN KAMIL /tasikmalayakab go id
Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Setelah PPP resmi bergabung dengan PKB dan NasDem untuk mendukung Ridwan Kamil, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dianggap berpotensi besar memenangkan Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018.

Kedua sosok yang memiliki latar belakang berbeda tersebut dinilai akan memperluas segmentasi pemilih.

Hal tersebut diungkapkan pakar politik dan pemerintahan dari Universitas Padjadjaran, Firman Manan, saat dimintai komentarnya terkait pasangan tersebut, Rabu (25/10/2017).

Pengamat politik sekaligus dosen Ilmu Politik Universitas Padjajaran, Firman Manan.
Pengamat politik sekaligus dosen Ilmu Politik Universitas Padjajaran, Firman Manan. (TRIBUN JABAR/RAGIL WISNU SAPUTRA)

Firman menilai Ridwan Kamil yang identik dengan sosok nasionalis akan dilengkapi oleh Uu yang memiliki latar belakang pesantren.

Baca: Poin yang Dibutuhkan Persib Bandung Agar Lolos dari Jerat Degradasi

Latar belakang Uu ini, kata Firman, akan mendongkrak elektabilitas Emil mengingat karakteristik masyarakat Jawa Barat yang agamis serta cenderung tergolong sebagai pemilih tradisional.

"Pasangan itu harus menambah segmentasi pemilih. Kalau latar belakangnya sama, ya percuma. Pada pemilu 2018 itu penting," kata Firman yang mencontohkan kemenangan Ahmad Heryawan pada dua Pilgub Jawa Barat merupakan bukti besarnya pengaruh sosok agamis dalam meraih simpati pemilih.

Firman menilai Uu sebagai sosok agamis karena latar belakang pesantrennya yang kental. Selain itu, menurut Firman, basis pemilih Uu di Priangan Timur terkenal dengan kultur agamisnya.


Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved