Breaking News:

Dalam Seminar di Gedung Merdeka, TNI AD dan Pemerintah Bersinergi dalam Penanggulangan Bencana Alam

Acara seminar diharapkan jadi sumbangan pemikiran Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dalam membantu pemerintah menanggulangi bencana alam.

Penulis: Daniel Andreand Damanik | Editor: Jannisha Rosmana Dewi
TRIBUNJABAR.CO.ID/DANIEL DAMANIK
Kasad TNI, Jendral TNI Mulyono bersama Mayjend Dody Usodo Hargo di acara seminar tentang penanggulangan bencana alam daerah, di Gedung Merdeka, Kota Bandung (24/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Seminar Nasional Studi Wilayah Pertahanan Pasis Dikreg LV Seskoad tahun 2017, berlangsung di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika No 65, Kota Bandung, Selasa (24/10/2017).

Acara seminar tersebut dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh Mayjend TNI Dody Usodo Hargo.

"Wilayah Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di cincin api Pasifik (Pasific Ring of Fire), yang menyebabkan wilayah di Indonesia rentan terhadap bencana alam," kata Dody Usodo Hargo pada sambutannya, Selasa (24/10/2017).

Diharapkan acara seminar tersebut dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dalam membantu pemerintah untuk penanggulangan bencana alam di daerah.

Dody Usodo Hargo berharap, melalui hubungan tersebut, tercipta sinergi yang kekal dan kuat dengan hasil yang optimal.


Pada seminar tersebut turut hadir Kasad TNI dan Jenderal TNI Mulyono sebagai pembicara utama (Keynote Speaker) pada seminar tersebut.

Selain Jenderal TNI Mulyono, turut hadir sebagai panelis seminar antara lain Panelis Kemendagri diwakilkan oleh Dirjen Administrasi Kewilayahan Kemdagri, Drs. Eko Subowo, MBA, BNPB diwakilkan oleh Kapus Data Informasi dan Humas, Dr Sutopo, Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Sumantri, dan Pasis Dikreg LV Seskoad, Mayor Inf Fikky Jati.

Mulyono sebagai Jenderal yang memiliki bintang empat menambahkan, Indonesia sangat rentan mengalami bencana alam.

"Gempa bumi, tsunami, gunung meletus, tanah longsor, banjir, kebakaran hutan, dan bencana kekeringan sangat dekat dan pernah terjadi di Indonesia," kata Mulyono.

Mulyono juga mengatakan, tahun 2004, bencana tsunami telah menerjang wilayah Aceh, dan bencana tersebut menjadi bencana besar dalam sejarah di Indonesia.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved