Iptu M Arif, Perwira Polisi Pengkoleksi Ribuan Barang Kuno

Berawal dari kegemarannya terhadap benda-benda tua, Kanit Binmas Polsek Solokan Jeruk, Iptu M Arif Rakhman Hakim menyulap kediamannya menjadi museum.

TRIBUNJABAR.CO.ID/SELI ANDINA
Iptu M Arif Rakhman Hakim, perwira polisi pecinta barang-barang kuno. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Seli Andina

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Berawal dari kegemarannya terhadap benda-benda tua, Kanit Binmas Polsek Solokan Jeruk, Iptu M Arif Rakhman Hakim menyulap kediamannya menjadi museum.

Di dalam rumahnya yang terletak di Kampung Rancaating, RT 02 RW 15, Desa Bojongemas, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, dapat ditemui banyak barang-barang kuno yang dipajang di sekitar rumah.

Dari halaman saja, sudah terasa bedanya dengan rumah-rumah pada umumnya, terdapat sebuah delman tua tanpa kuda.

Masuk lebih dalam, berbagai jenis dan ukuran lisung dan halu (penumbuk padi jaman dahulu), juga berbagai jenis kayu-kayu tua.


Di dalam rumah, terdapat beberapa ruangan yang saling berhubungan dan digunakan untuk memajang benda-benda tua koleksinya.

Mulai dari bebatuan berbagai jenis, uang-uang jaman dahulu, berbagai lampu tua, alat-alat musik, alat masak seperti jabung dan seeng, hingga puluhan benda-benda pusaka seperti keris dan kujang.

"Saya tak tahu sudah berapa banyak, tidak pernah menghitung, tapi sudah ribuan," ujar Iptu M Arif ketika ditemui Tribun Jabar di Kediamannya, Senin (23/10/2017).

Iptu M Arif sendiri mengaku memang menyukai benda-benda kuno tersebut sehingga tidak keberatan bila rumahnya disesaki oleh berbagai macam benda tersebut.

Iptu M Arif berharap benda-benda kuno koleksinya dapat menjadi media pembelajaran dan pengenalan budaya Sunda masa silam.

Ribuan barang kuno yang ada di dalam rumah Iptu M Arif Rakhman Hakim.
Ribuan barang kuno yang ada di dalam rumah Iptu M Arif Rakhman Hakim. (TRIBUNJABAR.CO.ID/SELI ANDINA)
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved