Krisna Mukti Ajak Mahasiswa Peduli Komunitas Adat Terpencil

Mensosialisasikan KAT pada masyarakat dan mahasiswa membuka awareness mereka pada saudara-saudara kita yang tinggal di tempat terpencil

Krisna Mukti Ajak Mahasiswa Peduli Komunitas Adat Terpencil
TRIBUN JABAR/Seli Andina Miranti
Krisna Mukti sebagai Duta KAT ketika memberikan sosialisasi terkait KAT di Kampus Fisip Unpad Jatinangor, Rabu (18/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Seli Andina

TRIBUNJABAR.CO.ID, SUMEDANG - Fokus Kementerian Sosial dalam pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) saat ini adalah mencari solusi untuk aspek keterpencilan yang menyebabkan terbatasnya akses pelayanan sosial dasar.

Fokus tersebut berpegang pada prinsip utama pemberdayaan, yaitu menempatkan warga KAT sebagai subjek pemberdayaan.

Hal tersebut lah yang disosialisasikan Krisna Mukti, Duta KAT 2017 sekaligus Komisi IX DPR RI, ketika memberikan materi mengenai program pemberdayaan KAT di Kampus Fisip Unpad Jatinangor, Rabu (18/10/2017).


"Mensosialisasikan KAT pada masyarakat dan mahasiswa membuka awareness mereka pada saudara-saudara kita yang tinggal di tempat terpencil," ujar Krisna Mukti.

Fokus pemerintah pada pemberdayaan KAT terbagi menjadi empat pilar, yaitu peningkatan kualitas jangkauan dan kualitas pemberdayaan sosial KAT, peningkatan penguatan sumber daya manusia, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan KAT.

Selain itu, peningkatan peran Pemerintah Daerah, kelembagaan masyarakat, dan perangkat pelayanan sosial tingkat lokal; Juga peningkatan peran aktif masyarakat dan kemitraan dunia usaha.

"Karena KAT masih membutuhkan awareness kita semua agar dapat lebih maju dan memiliki pelayanan sosial yang lebih baik," ujar Krisna Mukti.

Penulis: Seli Andina Miranti
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved