Siap-siap Puasa Asyura di Bulan Muharram, Keutamaannya Luar Biasa, Jangan Lewatkan!

dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram.

Siap-siap Puasa Asyura di Bulan Muharram, Keutamaannya Luar Biasa, Jangan Lewatkan!
boston.com
Ilustrasi anak puasa. 

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Bulan di awal tahun Hijriah dikenal dengan bulan Muharram.

Dan pada hari ini, Senin (25/9/2017) bertepatan dengan tanggal 5 Muharram 1439 H.

Bulan Muharram adalah bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Rasulullah Muhammad SAW mengatakan berkenanan dengan mulianya bulan Muharram.

Diriwayatkan dari Abu Bakrah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

((… السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَان.))

“Setahun terdiri dari dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram, tiga berurutan, yaitu: Dzul-Qa’dah, Dzul-Hijjah dan Al-Muharram, serta RajabMudhar yang terletak antara Jumada dan Sya’ban."

Muharram dalam bahasa Arab dapat diartikan waktu yang diharamkan. Makna ketetapan bulan ini, Allah melarang kaum Muslimin untuk mendzalimi diri sendiri dan berbuat dosa.

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu” (QS At-Taubah: 36)

Dikutip dari laman Muslim.or.id, bulan Muharram, juga memiliki keistimewaan lain. Di antarana kaum Muslimin dianjurkan untuk berpuasa pada tanggal 10 Muharram.


Halaman
12
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved