Kisah Abah Idi

Sudah Keliling Bandung, Belum Satu Pun Barang Terjual, Tak Punya Ongkos Pulang, Tidur Pun di Jalan

"Sepi, tidak banyak yang beli padahal sudah jalan jauh, keliling-keliling Kota Bandung," ujar Abah Idi

Sudah Keliling Bandung, Belum Satu Pun Barang Terjual, Tak Punya Ongkos Pulang, Tidur Pun di Jalan
Tribun Jabar/Rezeqi Hardam Saputro
Abad Idi, 70 tahun 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Rezeqi Hardam Saputro

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Sudah seminggu ini Abah Idi (70) belum bisa pulang ke kampung halamannya di Garut. Masalahnya sederhana, ia belum punya cukup uang untuk ongkos pulang.

Padahal selama sepekan ini, Abah Idi sudah berkeliling ke sejumlah tempat di Kota Bandung untuk menjajakan perkakas rumah tangga, barang yang menjadi jualannya selama ini.

Baca: Kembali ke Bandung tapi Harus Membobol Gawang Persib, Bomber Ini Merasa Ada yang Aneh

"Sepi, tidak banyak yang beli padahal sudah jalan jauh, keliling-keliling Kota Bandung," ujar Abah Idi, saat tengah duduk di atas trotoar di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, tepat di depan gedung wakil rakyat, DPRD Jabar, Sabtu (23/9/2017).

Mengenakan kaus dan topi yang sudah lusuh warnanya, pria yang wajahnya dipenuhi keriput itu duduk tertegun hanya memandangi orang berlalu-lalang dihadapannya.


Di dekat kakinya teronggok tas besar berisi barang dagangannya berupa alat perkakas, seperti  gunting, gergaji, pisau hingga meteran.

Abah Idi adalah potret buram kaum manula. Di saat tubuhnya semkain rapuh, ia terpaksa harus banting tulang mengais rezeki untuk menghidupi diri dan istrinya di Garut. 

Meski sudah berusaha maksimal, kata Abah Idi, hingga sepekan di Bandung belum juga cukup uang untuk ongkos pulang ke Garut.

Halaman
12
Penulis: Rezeqi Hardam Saputro
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved