Kabar Gembira, Warga Penyandang Disabilitas di Jawa Barat Dapat Layanan Bus Gratis

Dari kedelapan bus tersebut, tiga unit bus di antaranya untuk di Kota Bandung, dua unit bus untuk di Kota Cirebon, dua unit bus untuk . . .

Kabar Gembira, Warga Penyandang Disabilitas di Jawa Barat Dapat Layanan Bus Gratis
TRIBUN JABAR/ZELPHI
ILUSTRASI - Mantan atlet tolak peluru Peparnas tahun 1975, Sutisna, turun dari bus khusus penyandang disabilitas saat dilakukan acara sosialisasi Peparnas XV tahun 2016 di acara Car Free Day (CFD) Dago, Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung, Minggu (9/10/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Kabar gembira untuk warga penyandang disabilitas di Jawa Barat, karena sesaat lagi dapat menikmati layanan bus gratis.

"(Layanan ini) Gratis, layanan Sabtu-Minggu, untuk pergi ke tempat olahraga, perbelanjaan, kegiatan aktivitas Sabtu-Minggu, kita lakukan aktivitas layanan seperti itu," ujar Ketua Dishub Jawa Barat, Dedi Taufik kepada wartawan di halaman Gedung Sate, Senin (18/9/2017).

Kadishub Jabar, Dedi Taufik di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (18/9/2017).
Kadishub Jabar, Dedi Taufik di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (18/9/2017). (TRIBUNJABAR.CO.ID/THEOFILUS RICHARD)

Saat ini sudah ada delapan bus yang difungsikan sebagai Bus Disabilitas di Jawa Barat.

Dari kedelapan bus tersebut, tiga unit bus di antaranya untuk di Kota Bandung, dua unit bus untuk di Kota Cirebon, dua unit bus untuk Kota Bogor, dan satu unit bus di Tasikmalaya.

Baca: Kominfo dan Kadis PU Kota Bandung Memotong Kabel Udara di Jalan Braga

Kedelapan bus tersebut merupakan bus yang sempat digunakan pada Peparnas 2016.

Ke depannya, Dishub Jawa Barat akan mengusulkan penambahan unit bus.


Dedi Taufik bercita-cita Bus Disabilitas dapat digunakan warga penyandang disabilitas di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat.

Tetapi untuk sementara, kota metropolitan menjadi prioritas layanan bus ini.

"Kita berharap seperti itu (melayani seluruh kabupaten/kota). Kita coba usulkan nanti, terutama di program APBD 2018. Sekarang kita manfaatkan dulu sisa penyelenggaraan Peparnas," ujarnya.

Bus Disabilitas ini dilengkapi dengan hidrolik pengangkut penumpang, sehingga penyandang disabilitas tidak kesulitan menaiki bus tersebut.

Bus Disabilitas telah diresmikan pada saat peringatan Hari Pergubungan Nasional di Halaman Gedung Sate, Senin (18/9/2017). (*)

Penulis: Theofilus Richard
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved