Breaking News:

Festival Ekonomi Syariah Mulai Digelar Hari Ini di Pusdai

Menurutnya, Jawa Barat memiliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan ekonomi syariah di lndonesia.

ISTIMEWA
Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat, Kepala Grup BI Jabar Ismet Inono, Kepala Grup BI Jabar Sukarelawati Permana, berfoto bersama. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan berbagai pihak menggelar Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2017 di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Kota Bandung.

Mengambil tema "Mewujudkan Jawa sebagai Poros Pemberdayaan Ekonomi Syariah Nasional", kegiatan ini digelar mulai Rabu-Jumat (13-15/9/2017).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Indonesia Shari'a Economic Forum (ISEF) yang diselenggarakan Bank Indonesia bekerja sama dengan berbagai pihak sejak tahun 2014.


Adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi syariah khususnya di Jabar.

Menurutnya, Jawa Barat memiliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan ekonomi syariah di lndonesia.

Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak secara nasional yakni 46.5 juta orang dan 98% penduduknya beragama Islam.

Baca: Berawal dari 2 Ekor Sapi, Peternak Ini Jadi Jutawan. Begini Lika-Liku Usahanya

"Jawa Barat memiliki jumlah faktor sumber daya manusia yang sangat potensial untuk dikembangkan dan diarahkan menjadi sumber daya insani penggerak utama pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, " katanya di sela acara Kick Off Kegiatan Festival Ekonomi Syariaf di Bale Asri Pusdai Jabar, Rabu (13/9/2017).

Namun demikian, katanya, penetrasi pemanfaatan layanan jasa keuangan syariah di Jawa Barat masih perlu ditingkatkan.

Hal ini tercermin dan pangsa pemanfaatan layanan jasa pembiayaan perbankan syariah di Jawa Barat terhadap total kredit perbankan di Jawa Barat masih relatif kecill yakni 8, 4%. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved