Pangdam III/Siliwangi Melantik 234 Lulusan Dikmata

234 prajurit yang baru saja dilantik tersebut berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Ada yang berasal dari . . .

ISTIMEWA
Prajurit TNI AD yang baru dilantik unjuk kabisa usai pelantikan. Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra melantik 234 prajurit TNI AD di Lapangan Dodik Tamtama Rindam III/Siliwangi, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis (7/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yudha Maulana

TRIBUNJABAR.CO.ID, PANGALENGAN -  Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra melantik 234 melantik lulusan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Gelombang I Tahun 2017 bertempat di Lapangan Dodik Tamtama Rindam III/Siliwangi, Kamis (7/9/2017).

234 prajurit yang baru saja dilantik tersebut berasal dari latar belakang  keluarga yang berbeda-beda.

Ada yang berasal dari keluarga petani, wiraswasta, TNI, buruh, PNS, Purnawirawan TNI dan lain-lain.

Setelah penyumpahan dan pelantikan selesai, ke-234 mantan siswa tersebut telah resmi menjadi Prajurit TNI AD dengan Pangkat Prajurit Dua (Prada).

Baca: Raphael Maitimo Sebut Bali United Cuma Beruntung, Lalu Siapa Tim Terbaik Liga 1 Musim Ini?

Di Sela-sela kesibukan belajar dan berlatih para prajurit remaja  ini mempersiapkan aksinya yang akan ditampilkan setelah selesai Upacara Tupdik dengan kemampuan dan ketrampilan yang diperoleh selama pendidikan, di antaranya demonstrasi bongkar pasang senjata, simulasi HR, kolaborasi Yong Moo Do dan kolone senapan. 

Pendidikan pertama Tamtama TNI AD Gel. I Ta. 2017 dilaksanakan bertujuan untuk membentuk Prajurit siswa calon Tamtama, agar menjadi prajurit Tamtama TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai Prajurit yang Saptamarga, mempunyai pengetahuan, keterampilan serta jasmani yang semapta.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra melantik 234 prajurit TNI AD di Lapangan Dodik Tamtama Rindam III/Siliwangi, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis (7/9/2017).
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra melantik 234 prajurit TNI AD di Lapangan Dodik Tamtama Rindam III/Siliwangi, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis (7/9/2017). (ISTIMEWA)

“Apa yang   telah diperoleh selama mengikuti pendidikan dasar ilmu ke Militeran merupakan ilmu yang disiapkan untuk membentuk kepribadian dan karakter seorang Tamtama TNI AD. Sebagai prajurit harus patuh, loyal dan taat kepada atasan, senantiasa bekerja keras, berani menghadapi resiko apapun, memiliki militansi tinggi dan pantang serta seorang prajurit harus dapat manunggal serta dicintai rakyat,” kata Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra dalam amanatnya, Kamis (7/9/2017).


Pedomani norma-norma keprajuritan dalam setiap pelaksanaan tugas dan pegang teguh jati diri sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Nasional. Kepada orang tua mantan siswa, atas nama keluarga besar Kodam III Siliwangi, Pangdam juga memberikan ucapan selamat atas keberhasilan putra-putranya.

“Keberhasilan ini juga tidak lepas dari andil besar orang tua yang selalu mendidik anaknya sehingga dapat menjadi seorang prajurit,” tegas Pangdam.

Usai dari pendidikan ini, 234 orang Tamtama akan dibagi sesuai kecabangan menurut hasil psikologi yang dimiliki oleh masing masing personel tersebut, diantaranya 140 orang kecabangan Infanteri, 12 orang Kavaleri, 29 orang Armed, 9 orang Arhanud, 12 orang zipur, 5 orang Peralatan, 1 orang Polisi Militer, 12 orang Bekang, 8 orang Perhubungan, 3 orang Kesehatan, 1 orang Hukum dan 2 orang di Kecabangan Keuangan.

Para Tamtama muda ini akan bertemu dengan rekan - rekannya yang berasal pembentukan Kodam - Kodam lain dan bersama - sama mengikuti pendidikan kejuruan sesuai dengan kecabangan masing - masing. (*)

Penulis: Yudha Maulana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved