85 Ribu Pohon akan Ditanam untuk Perbaikan Hutan Lindung di Kabupaten Bandung

Penanaman pohon akan melibatkan TNI, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, tokoh daerah dan Perhutani sebagai pengawas wilayah hutan.

Penulis: Yudha Maulana | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Yudha Maulana
TNI terlibat dalam program penanaman 85 ribu pohon di hutan lindung Kabupaten Bandung, Selasa (5/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yudha Maulana

TRIBUNJABAR.CO.ID, PASIRJAMBU- Sebanyak 85 ribu bibit pohon akan ditanam di ribuan hektar wilayah hutan se-Kabupaten Bandung.

Sebagai langkah awal, sebanyak 380 pohon ditanam di Blok Ciputri, Dewata, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung pada Selasa (5/9/2017).

Penanaman pohon akan melibatkan TNI, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, tokoh daerah dan Perhutani sebagai pengawas wilayah hutan.


Administratur Perhutani Bandung Selatan, Wijanarko Susilo mengatakan pihaknya tidak tinggal diam dalam mengantisipasi lahan kritis dan lahan yang telah beralih fungsi.

Dari data yang dihimpun Tribun, 34800 hektare hutan lindung di Bandung Selatan, sedikitnya 1500 hektar telah beralih fungsi menjadi lahan pertanian. Padahal, hanya 458 hektare yang berstatus sebagai hutan produksi.

Baca: Yusril Ihza Mahendra Akan Hadir di Sidang Buni Yani Pekan Depan

"Kami tidak tinggal diam, kami memotret fakta di lapangan kemudian kami laporkan," kata Wijanarko di Blok Ciputri, Selasa (5/9/2017).

Menurutnya perambahan lahan hutan disebabkan oleh tingginya populasi petani, sementara tanah garapan yang dimiliki sedikit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved