Ratusan Prajurit dan PNS Lanud Husein Sastranegara Ikut Tes HIV/AIDS

sampai sekarang dunia kedokteran belum menemukan obat untuk mengatasi penyakit tersebut, sementara di Indonesia ada kecenderungan meningkat

Ratusan Prajurit dan PNS Lanud Husein Sastranegara Ikut Tes HIV/AIDS
ISTIMEWA/PENERANGAN LANUD HUSEIN SASTRANEGARA
Prajurit dan PNS Lanud Husein Sastranegara mengikuti tes HIV/AIDS di Gedung Antariksa Lanud Husein Sastranegara, Selasa (30/8). 

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Sekitar 166 prajurit dan PNS di lingkungan Lanud Husein Sastranegara dan Lafiau, mengikuti kegiatan sosialisasi HIV/AIDS dan permasalahannya di Gedung Antariksa Lanud Husein Sastranegara, Selasa (29/8). Sosialisasi dibawakan oleh Mayor Kes DR. Dayanti Yuliastuti, Sp.PK., M.Kes.

Dalam penjelasannya Dayanti mengatakan, penyakit HIV/AIDS terjadi karena sistem kekebalan tubuh manusia dirusak oleh penyakit HIV. Akibatnya orang yang diserang oleh AIDS sangat rentan terhadap serangan penyakit, sekalipun bibit penyakit itu tergolong tidak membahayakan, sehingga hampir dapat dipastikan akan berakhir dengan kematian.

Karena sampai sekarang dunia kedokteran belum menemukan obat untuk mengatasi penyakit tersebut, sementara di Indonesia ada kecenderungan meningkat, maka sudah seharusnya diwaspadai.

Usai ceramah, kegiatan dilanjutkan dengan tes HIV-AIDS yang dikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS melalui tes  darah. Hal ini bertujuan  untuk deteksi dini terhadap kesehatan personel yang bersangkutan. 

“Apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya indikasi HIV,   maka akan dilaporkan ke komando atas untuk diberikan  penanganan selanjutnya, tapi mudah-mudahkan tidak ada anggota yang terindikasi penyakit HIV ini,” ujar Dayanti dalam rilis yang diterima Tribun, Rabu (30/8).

Di tempat yang sama, Kadisops Lanud Husein Sastranegara Letkol Nav Wahyu Bintoro, S.E. menyambut baik  dan mendukung penuh  pemeriksaan HIV/AIDS,  yang menjadi program kerja RSAU dr. M. Salamun. Ia berharap tidak ada anggota Lanud Husein Sastranegara yang terjangkit HIV/AIDS, sehingga seluruh anggota Lanud Husein Sastranegara  dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan dapat memberikan pengabdian yang terbaik untuk bangsa dan negara melaui TNI Angkatan Udara. (*)

Editor: Machmud Mubarok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved