Breaking News:

Mengintip Kampung Inspirasi di Cilengkrang Kabupaten Bandung, Bersih Banget

Di jalan, di pinggir rumah, atau di tempat publik seperti lapangan bola voli, sama sekali tidak ada sampah.

Tribunjabar/Yongky Yulius
Kampung Inspirasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Pernah mendengar Kampung Inspirasi? Ya, kampung yang berlokasi di RW 17, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung ini berbeda dari kampung-kampung lainnya.

Tribun Jabar, pada Rabu (23/8/2017) berkesempatan mengunjungi Kampung Inspirasi. Saat memasuki Kampung Inspirasi, kita akan menemukan sebuah gapura tembok yang lebarnya kurang lebih lima meter.

Baca: Ini 6 Keunggulan Pesawat N219 Hasil Karya Anak Bangsa, Lebih Keren Dibanding Buatan Negara Lain

Kampung Inspirasi
Kampung Inspirasi (Tribunjabar/Yongky Yulius)

Pada gapura itu sudah terpasang kain berwarna merah putih, pertanda Kampung Inspirasi juga turut menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Melewati gapura itu, pada dinding sebelah kanan terdapat lukisan bergambar rumah dan bukit hijau. Pada lukisannya tertulis "Selamat Datang di Kampung Inspirasi".


Lalu, berjalan sekitar lima meter lebih jauh lagi di Kampung Inspirasi ada lukisan bergambar globe. Pada lukisan itu tertulis "Gerakan Satu Juta Kampung Dari Cilengkrang Menuju MEA".

Saat berjalan lebih jauh lagi di Kampung Inspirasi itu, terlihat tidak ada sampah yang berserakan. Di jalan, di pinggir rumah, atau di tempat publik seperti lapangan bola voli, sama sekali tidak ada sampah.

Yang ada adalah di pinggir jalan dan rumah banyak pot berisi tanaman.

Kampung Inspirasi
Kampung Inspirasi (Tribunjabar/Yongky Yulius)


Andi Sopian, pengelola UPK (Unit Pengelolaan Kebersihan Mandiri III) di Kampung Inspirasi mengatakan, warga di kampung itu memang sudah dibiasakan untuk memilah sampah lalu menyerahkannya ke UPK.

Selain itu, oleh Ketua RW Kampung Inspirasi, warga diwajibkan menanam sayuran dan tanaman lain pada pot di pekarangan rumah.

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved