Siap-siap, Karnaval Kemerdekaan Tingkat Nasional Bakal Digelar di Bandung Sabtu 26 Agustus 2017

Karnaval Kemerdekaan untuk ketigakalinya ini, setelah di Pontianak dan Danau Toba, akan dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo

Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Sate, Bandung, Senin (21/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG -  Karnaval HUT ke-72 RI bertema Pesona Parahyangan bakal digelar di Kota Bandung, Sabtu (26/8/2017). Ribuan peserta karnaval dari berbagai daerah di Indonesia akan beriring-iringan dari Gedung Sate sampai Alun-alun Kota Bandung, menampilkan kesenian, kebudayaan, dan kreativitas dari masing-masing daerahnya.

Karnaval Kemerdekaan yang digelar untuk ketigakalinya ini, setelah di Pontianak dan Danau Toba, akan dihadiri bahkan dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo. Presiden akan mengenakan pakaian khas Jawa Barat, dan memukul kentongan bambu atau kohkol sebagai tanda pembukaan acara bersama ribuan peserta.

Karnaval Kemerdekaan ini, akan dimeriahkan pula oleh Karnaval Batik Solo, Karnaval Bunga Tomohon, dan Karnaval Fashion Jember. Dalam kegiatan tersebut, 43 kontingen lintas budaya, Paduan Suara Universitas Parahyangan, TNI-Polri, dan berbagai komunitas pun ikut memeriahkannya.

Baca: Ini Reaksi Putri Engku Emran Menanggapi Kabar Pernikahan Ayahnya dengan Laudya Cynthia Bella

Rencananya rute karnaval ini akan mengambil start di Gedung Sate dan Gasibu, kemudian akan dilanjutkan dari Jalan Diponegoro ke Jalan Dago. Iring-iringan berlanjut ke Jalan Merdeka, Jalan Tamblong, Jalan Asia Afrika, dan berakhir di Alun-alun Kota Bandung dan Balai Kota Bandung.

Upacara pembukaan akan digelar di Gedung Sate-Gasibu, sedangkan di tengah perjalanan akan ada panggung di Taman Vanda yang akan dijadikan tempat singgah Presiden. Presiden akhirnya akan menyambut kembali pawai karnaval di Balai Kota Bandung.


Dalam kegiatan rapat koordinasi penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan RI Pesona Parahyangan di Gedung Sate, Bandung, Senin (21/8/2017), dibahas sejumlah kendala, mulai dari bentangan kabel listrik dan telepon sepanjang jalan, termasuk jembatan penyebrangan jalan yang terlalu rendah, hingga lintasan penyeberangan kereta api.

Kepala Staf Kepresidenan RI Teten Masduki mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada pukul 08.00 sampai 12.00, pada Sabtu 26 Agustus 2017. Teten mengatakan karnaval di Bandung ini akan sangat menarik mengingat Jawa Barat memiliki banyak komunitas kesenian, kebudayaan, dan komunitas kreatif.

"Karnaval di banyak negara bisa jadi ikon pariwisata dan menumbuhkan sektor pariwisata. Pesan karnaval ini adalah kebersamaan dan kerja bersama," kata Teten di Gedung Sate.


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, meski hanya memiliki waktu persiapan sangat singkat yakni lima hari, ia meyakini mampu mempersiapkan kegiatan tersebut.

"Di Jawa Barat ada legenda Sangkuriang. Waktunya sedikit, bisa selesaikan pekerjaan besar. Semoga ini terlaksana dengan baik, seperti saat pembukaan PON Jabar, yang saat itu pelakunya adalah seniman nasional asal Jabar," kata Aher.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan pihaknya memastikan warga Bandung siap memeriahkan karnaval tersebut, termasuk para penontonnya. Ridwan Kamil pun mengatakan masih ada beberapa kendala teknis yang harus segera diselesaikan supaya dapat terlaksana secara lancar.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved