Sejarah Bandung

Konon Jika Menginjak Tempat Ini di Bandung, Suatu Hari Nanti Anda Bakal Kembali Lagi ke Bandung

Pada tugu itu terpajang sebuah mesin giling tua berwarna hitam yang menyerupai kepala kereta lengkap dengan rodanya.

Penulis: Rezeqi Hardam Saputro | Editor: Ichsan
Tribunjabar/Rezeqi Hardam Saputro
Tugu titik nol Kota Bandung yang berlokasi di Jalan Asia Afrika. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Rezeqi Hardam Saputro

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG- Tahukan Anda dimana letak pertama pembangunan atau titik nol Kota Bandung? Ya, letaknya di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Ternyata selain gedung-gedung tua bersejarah, di kawasan Jalan Asia Afrika juga terdapat sebuah tugu yang bertuliskan titik nol Kota Bandung.

Pantauan Tribun Jabar, Senin (21/8/2017) siang, mendapati tugu tersebut berada persis di depan Kantor Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat dan bersebrangan dengan hotel yang begitu legendaris, Savoy Homman.

Baca: Pengamat Politik Unpad Ini Memprediksi Pilgub Jabar Bakal Diikuti Empat Pasangan

Pada tugu itu terpajang sebuah mesin giling tua berwarna hitam yang menyerupai kepala kereta lengkap dengan rodanya.

Berdasarkan buku "Jendela Bandung" karya Her Suganda, mesin giling tua tersebut didedikasikan untuk korban kerja paksa pembangunan jalan Grote Postweg.


Pada buku tersebut juga dijelaskan Grote Postweg atau Jalan Raya Post merupakan jalan yang menghubungkan Provinsi Banten dengan Panarukan di Jawa Timur.

Masih pada buku yang sama, Her Suganda menuliskan tugu tersebut merupakan tempat Gubernur Jawa Barat (1808 - 1811), Jenderal Herman Willem Daendels menancapkan tongkatnya dan kemudian dijadikan titik nol pembangunan Kota Bandung.

Tugu titik nol Kota Bandung itu akhirnya diresmikan pada 18 Mei 2004 oleh Gubernur Jawa Barat saat itu, H Danny Setiawan.


Saat ini tugu titik nol Kota Bandung menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Bandung maupun luar Bandung.

Seorang warga yang ditemui di dekat tugu tersebut mengatakan, jika ada wisatwan yang datang dan menginjak titik nol Kota Bandung, suatu saat ia akan kembali ke Kota Bandung.

"Kata cerita orang dulu, kalau kita terutama wisatawan menginjak titik nol Kota Bandung, dipercaya suatu saat dia akan balik lagi ke Bandung," ujar Iwan, warga Bandung yang sedang membaca koran tak jauh dari tugu titik nol Kota Bandung.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved