Sidang Korupsi Cimahi

Atty Dituntut 5 Tahun, Itoc Dituntut 8 Tahun, Pasangan Suami Istri Ini Siap Ajukan Pleidoi

Dalam tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ronald SH menyatakan, kedua terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan

Atty Dituntut 5 Tahun, Itoc Dituntut 8 Tahun, Pasangan Suami Istri Ini Siap Ajukan Pleidoi
Dok Tribun
Pasangan suami dan istri yang pernah menjadi Wali Kota Cimahi, Itoc Tochija dan Atty Suharti, tiba di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (19/4/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dian Nugraha Ramdani

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Mantan Wali Kota Cimahi Atty Suharti dituntut lima tahun penjara, sedangkan suaminya yang juga mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija dituntut delapan tahun penjara. Kedua terdakwa juga dikenai denda Rp 200 juta subsider dua bulan kurungan.

Hal itu terungkap dalam sidang beragendakan pembacaan tuntutan dalam perkara penyuapan pembangunan Pasar Atas Tahap II terhadap Atty dan Itoc di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (16/8/2017) siang.

Dalam tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ronald SH menyatakan, kedua terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berkelanjutan, sebagaimana diatur dalam Pasal 12 hurup a UU Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHPidana, sebagaimana diatur dalam dakwaan kesatu.

Baca: Rumah Keluarga Miskin Ini Dibeli Seharga Rp 1,5 Triliun oleh Pria Kaya, Ternyata Ini Lho Alasannya

"Menuntut majelis hakim untuk menjatuhkan hukuman lima tahun penjara kepada terdakwa satu (Atty) dan delapan tahun penjara kepada terdakwa dua (Itoc)," kata Ronald.

Selain itu, kedua terdakwa juga diharuskan membayar denda Rp 200 juta atau diganti kurungan penjara selama dua bulan.


Sedangkan hal yang memberatkan dan meringankan sebagai bahan pertimbangan JPU dalam tuntutan, untuk hal memberatkan kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi, dan sebagai pejabat publik tidak memberikan contoh yang baik.

Sementara hal yang meringankan, keduanya berlaku sopan, belum pernah dihukum, dan sudah lanjut usia. Khusus untuk terdakwa satu (Atty) sering sakit-sakitan.

Halaman
12
Penulis: Dian Nugraha Ramdani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved