Jejak Soekarno

Ini Asal-usul Nama Jalan Sukarno di Bandung, Ada Peran Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengubah nama Jalan Cikapundung Timur menjadi Jalan Sukarno

Ini Asal-usul Nama Jalan Sukarno di Bandung, Ada Peran Ridwan Kamil
Net
Jalan Sukarno

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isal Mawardi

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Di samping Gedung Merdeka, Kota Bandung, ada sebuah jalan sepanjang 200 meter yang dinamai Jalan Sukarno. Sebelumnya jalan tersebut bernama Cikapundung Timur.

"Penamaan Jalan Sukarno itu oleh Pak Wali (Ridwan Kamil) sejak tahun 2015," kata Kepala Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Aswin di kantornya, Rabu (2/8/2017).

Baca: Kata Herrie Setyawan, Kalau Sesuai Aturan Dia Tak Bisa Dampingi Persib Bandung saat Lawan PS TNI

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengubah nama Jalan Cikapundung Timur menjadi Jalan Sukarno pada 10 November 2015, bertepatan hari pahlawan.


Pengubahan nama Jalan Cikapundung Timur menjadi Jalan Sukarno karena usulan dari masyarakat, kajian, aspirasi, dan persetujuan DPRD Kota Bandung.

Alasan dipilihnya Jalan Cikapundung Timur menjadi Jalan Sukarno karena berdekatan dengan Gedung Merdeka, gedung yang membuat nama Soekarno mendunia. Selain itu jalan ini juga bersentuhan dengan Jalan Asia Afrika, jalan yang istimewa dan bersejarah di Kota Bandung.


Pelafalan nama jalan tidak menggunakan ejaan lama seperti "oe" pada nama Soekarno tetapi menggunakan ejaan baru yaitu Sukarno.

Konon, Bung Karno tidak suka menggunakan ejaan "oe", namun karena sudah terlanjur tandatangan menggunakan ejaan "oe" sehingga Soekarno tidak bisa mengubah hal itu.

Penulis: Isal Mawardi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved