Ini Alasan Warga Gedebage Memaksakan Anak Mereka Masuk SMAN 27 Bandung

"Itu kan di luar prediksi, ternyata tanggapan keinginan masyarakat Gedebage untuk bisa bersekolah di sana sangat besar,"

Ini Alasan Warga Gedebage Memaksakan Anak Mereka Masuk SMAN 27 Bandung
Istimewa
Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Jawa Barat menemukan barang bukti uang ratusan juta yang diduga dikumpulkan dari para siswa di SMAN 27 Bandung di sekolah tersebut, Kamis (27/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Seli Andina

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG- Pascaisu pungutan liar terhadap siswa yang masuk lewat jalur non-reguler, siswa SMAN 27 Bandung melakukan kegiatan belajar-mengajar seperti biasa.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar di SMAN 27 Bandung, Selasa (1/8/2017), kegiatan belajar-mengajar di sekolah itu berlangsung normal.

Camat Gedebage, Bambang Sukardi, mengatakan biaya masuk yang ditetapkan untuk siswa yang masuk melalui jalur non-reguler merupakan hasil rundingan antara sekolah, orangtua siswa, dan stakeholder terkait.

"Itu kan di luar prediksi, ternyata tanggapan keinginan masyarakat Gedebage untuk bisa bersekolah di sana sangat besar," ujar Bambang Sukardi kala ditemui Tribun Jabar di kantor Kecamatan Gedebage, belum lama ini.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan warga Gedebage lebih mudah mengawasi proses belajar anak-anaknya bila bersekolah lebih dekat dengan rumah.

SMPN 27 Bandung, ucapnya, adalah satu-satunya sekolah tingkat menengah atas yang berada di wilayah Gedebage.

Faktor itu adalah satu di antara beberapa alasan warga di sekitar SMAN 27 Bandung memaksa agar anak mereka dapat bersekolah di sekolah negeri tersebut.

"Bisa saja di sekolah swasta tapi jauh dari tempat tinggal mereka," ujar Bambang Sukardi.

Karena lebih dekat, imbuhnya, biaya akomodasi yang dikeluarkan pun akan lebih murah.

Bersekolah di SMAN 27 Bandung bagi warga Gedebage dipandang dapat meringankan biaya operasional. (*)

Penulis: Seli Andina Miranti
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved