Kutikula Sebaiknya Dibersihkan, Jangan Dipotong Habis Ya!

Biasanya kutikula muncul karena kurang mengkonsumsi air putih atau karena terlalu sering terkena sabun detergen saat mencuci.

Kutikula Sebaiknya Dibersihkan, Jangan Dipotong Habis Ya!
TRIBUNJABAR.CO.ID/PUTRI PUSPITA
Yuyun Widaningsih selaku Leader Nail Art di Pretty Sugar dan partner kerjanya di Jalan Sukajadi No 189 Bandung, pada Senin (31/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Perhatikan, apakah pinggiran kuku kamu terdapat kulit bagian yang keras dan berwarna putih? Itu adalah kutikula namanya.

Biasanya kutikula muncul karena kurang mengkonsumsi air putih atau karena terlalu sering terkena sabun detergen saat mencuci.

Menurut Yuyun Widaningsih selaku Leader Nail Art di Pretty Sugar, kutikula ini harus selalu dibersihkan supaya tangan tetap halus.

"Proses dibersihkannya kutikula disebut juga manicure jadi membersihkan setiap bagian kuku yang harus dibuang," ujar Yuyun saat ditemui di Pretty Sugar Jalan Sukajadi No 189 Bandung, pada Senin (31/7/2017).


Yuyun menjelaskan awal mula cara dibersihkannya kutikula yaitu dibuang dahulu kulit keringnya dan dibersihkan menggunakan cream khusus, setelah itu direndam menggunakan air hangat.

Proses terakhir tetap menggunakan cream kembali fungsinya untuk menjaga kelembapan kulit yang berada di sekitar kuku.

Yuyun mengingatkan jangan memotong habis kutikula yang ada karena kutikula berfungsi sebagai penghalang bakteri yang sering masuk ke bagian bawah kuku.

Selain itu juga ternyata kutikula mampu membunuh sel-sel hidup yang berada dibawah kuku lho.

Nah mulai dari sekarang hati-hati ya jika memotong antara kuku dan kutikula.

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved