Seekor Elang Jawa Kembali Dilepasliarkan di Kabupaten Garut

Manajer PKEK, Zaini Rachman, menuturkan elang jawa atau nisaetus bartelsi yang diberi nama Bejo itu dilepasliarkan langsung . . .

Seekor Elang Jawa Kembali Dilepasliarkan di Kabupaten Garut
TRIBUN JABAR/FIRMAN WIJAKSANA
Manajer Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK), Zaini Rachman melakukan persiapan sebelum melepasliarkan seekor elang jawa di PKEK, Kecamatan Samarang, Rabu (26/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.CO.ID, GARUT - Seekor elang jawa dilepasliarkan di Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK), Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Elang yang merupakan sitaan dari warga Kabupaten Ciamis itu sudah direhabilitasi sejak Januari 2017.

Manajer PKEK, Zaini Rachman, menuturkan elang jawa atau nisaetus bartelsi yang diberi nama Bejo itu dilepasliarkan langsung oleh Dirjen KSDAE. Pelepasliaran diharapkan bisa meningkatkan populasi elang jawa.


"Elang yang dilepasliarkan ini berusia kurang dari dua tahun dan berjenis kelamin jantan. Ini sudah ke 20 kali kami lepasliarkan elang di beberapa lokasi di Jawa dan Sumatera," ujar Zaini, Rabu (26/7/2017).

Pihaknya pun hingga kini terus merehabilitasi 83 elang lainnya. Beberapa minggu lalu, pihaknya pun baru menerima 15 elang hasil sitaan dari Polres Malang.


"Untuk menjaga ekosistem dan mencegah kepunahan kami rutin melakukan kegiatan ini. Keberadaan elang di alam bebas bisa menjaga ekosistem," katanya.

Upaya edukasi kepada masyarakat, lanjut dia, rutin dilakukan PKEK. Masyarakat harus memiliki kesadaran untuk tidak memburu dan memelihara elang. Selain melanggar undang-undang juga akan merusak ekosistem. (*)

Tags
Garut
Elang
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved