Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said, Panen Bawang Merah di Lahan Sewaannya

"Alhamdulillah, bawang merah di lahan sekitar tiga hektare ini panen. Saya menyewa lahan ini untuk ditanami bawang," ucap Sudirman.

Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto
Sudirman Said memanen bawang di lahan sewanya di Dukuh Siramin, Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Kamis (20/7/2017). 

TRIBUNJABAR.CO.ID, BREBES- Mantan Menteri ESDM Sudirman Said pulang kampung ke halamannya di Desa Slatri, Larangan, Kabupaten Brebes, Kamis (20/7/2017).

Di kampung semasa kecilnya itu Sudirman melakukan sejumlah kegiatan.

Di antaranya memanen bawang merah di lahan miliknya di Dukuh Siramin, Desa Slatri, Larangan.

"Alhamdulillah, bawang merah di lahan sekitar tiga hektare ini panen. Saya menyewa lahan ini untuk ditanami bawang," ucap Sudirman Said.


Ketua Tim Sinkronisasi Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Jakarta Anies-Sandi ini sengaja tidak membeli lahan agar petani tetap memiliki lahan dan memiliki penghasilan.

Hasil panen bawang merah di lahan sewanya itu kali ini memiliki kualitas bagus dibandingkan panen sebelumnya.

"Hasilnya baik. Selama 60 hari masa tanam tidak ada hama, masalah daun, dan sebagainya," ujar dia.

Lahan bawang itu dikelola enam kelompok tani yang ada di sekitar wilayah itu.

Satu kelompok tani mengelola setengah hektare.

Belakangan muncul romur Sudirman diproyeksikan maju sebagai bakal calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah.

Ketika ditanya apakah kegiatannya itu berkaitan dengan agenda Pilkada Jateng 2018, ia mengatakan pengelolaan lahan bawang merah itu sudah dimulai saat dirinya menjabat Menteri ESDM.

"Lepas dari apapun (Pilgub Jateng), saya lahir di sini, menyaksikan betul kesulitan petani. Keluarga saya lebih susah lagi karena tidak punya tanah. Sehingga hidup jadi buruh tani. Ayah saya meninggal ketika saya masih kecil," kata Sudirman Said.

Oleh karena itu, Sudirman Said ingin mengabdi kepada masyarakat sekitar dengan memberikan lahan untuk dikerjakan para petani kecil. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved