15 Elang Sitaan dari Malang Dibawa ke Garut

Elang-elang tersebut merupakan sitaan dari upaya penegakan hukum yang dilakukan di Malang terhadap dua pedagang satwa liar.

15 Elang Sitaan dari Malang Dibawa ke Garut
Istimewa
Petugas Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) memeriksa sejumlah elang yang baru dikirim hasil sitaan Polres Malang, Jawa Timur. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.CO.ID, GARUT- Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) di Kecamatan Samarang menerima 15 ekor elang dari Dirjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Polres Malang, Jawa Timur.

Elang-elang tersebut merupakan sitaan dari upaya penegakan hukum yang dilakukan di Malang terhadap dua pedagang satwa liar.

Lima belas ekor elang sitaan tersebut dibawa melalui jalan darat dari Malang ke Garut dengan waktu tempuh sekitar 28 jam.

Tim yang ikut mengantarkan elang-elang tersebut hingga tiba di Garut diantaranya para volunteer dari Centre for Orangutan Protection (COP) dan perwakilan Dirjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


Zaini Rachman, Manajer PKEK, mengatakan, pihaknya mendapat kabar elang-elang yang diperjualbelikan di pasar gelap itu akan diserahkan ke PKEK pada Sabtu (15/7/2017).

Pihaknya pun langsung mempersiapkan kandang-kandang bagi elang-elang tersebut.

Semua elang-elang sitaan tersebut, menurut Zaini akan diikutsertakan dalam program rehabilitasi dan bisa dilepasliarkan.

"Ada tahapan yang harus dilalui. Mulai pemeriksaan medis hingga melatih kembali naluri alami elang agar bisa bertahan hidup saat dilepasliarkan," ucap Zaini dalam rilis yang diterima Tribun, Selasa (18/7/2017).

Halaman
12
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved