Cerita Sopir Bus DPR RI yang Pernah Membawa Kedutaan Asing Saat ke Indonesia

Mengendarai Bus Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) jauh berbeda dari mobil biasa, ada rasa bangga saat mengemudikannya.

Cerita Sopir Bus DPR RI yang Pernah Membawa Kedutaan Asing Saat ke Indonesia
TRIBUNJABAR.CO.ID/ERY CHANDRA
Pengemudi Bus DPR RI, Ronni Sundoro (34) usai memarkirkan bus di halaman belakang Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Bandung, Kamis (6/7/2017). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Mengendarai Bus Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) jauh berbeda dari mobil biasa, ada rasa bangga saat mengemudikannya.

Menurut pengemudi bus bertipe Mercedez-Benz tahun 2016 itu, Ronni Sundoro (34) mengatakan berkat Bus DPR RI ia dapat bertemu langsung dengan orang-orang besar.

"Bangganya bawa pejabat negara, bisa membawa mereka, yang lain belum tentu. Walaupun hanya kenal muka tidak tahu nama," kata Ronni Sundoro kepada Tribun Jabar, di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Bandung, Kamis (6/7/2017).

Ronni mengaku tak hanya melayani Anggota DPR. Ia bahkan pernah mengemudikan bus di Jakarta saat membawa penumpang dari kedutaan luar negeri.

"Melayani bukan pimpinan saja, tapi parlemen dari luar negeri. Dari kedutaan se-Asia, dari Zimbabwe, Malaysia, Cina, Korea, dibagi-bagi jatahnya masing-masing. Kami tidak pulang untuk melayani selama seminggu," ujar pria asal Sumedang tersebut.

Dirinya menceritakan saat membawa Bus DPR, ia tidak fasih berbahasa asing. "Namanya kami tidak tahu bahasa dia, jemput tamu saja kami. Saat itu ada empat mobil dari negara masing-masing diantar ke hotel," tutur Ronni yang baru bergabung dua tahun itu.

Dia mengaku belum ada pelatihan bahasa asing secara khusus. "Ya kembali ke keahlian kita saja sendiri sih. Lebih melayani saja kita," tambahnya.


Penulis: Ery Chandra
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved