Breaking News:

Sidang Andika The Titans

Andika The Titans Diancam Penjara 5 Tahun

Andika dinilai melanggar pasal 114 ayat (1) Jo pasal 6 ayat (3) Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika

Penulis: Dian Nugraha Ramdani | Editor: Kisdiantoro
Tribun Jabar/Ferry Fadhlurrahman
Andika The Titans mengikuti sidang perdana di Pengadilan Negeri 1A Kota Bandung, Kamis (15/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dian Nugraha Ramdani

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Andika Naliputra Wirahardja, personel grup musik The Titans menjalani sidang pertamanya di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (15/6/2017).

Mengenakan rompi merah bertuliskan "Tahanan Pidana Umum", Andika duduk di depan majelis hakim. Dia mengenakan kacamata dan memakai kupluk berwarna abu cerah. Persidangan berlangsung di Ruang Sidang VI.

Pria asal Kota Bandung itu ditangkap oleh Kepolisian Resor Kota Besar bandung karena memesan narkotika jenis tembakau gorila. Dia ditangkap pada 21 Februari 2017.

Bukan hanya terbukti memesan narkotika, di rumah Andika, polisi menemukan dua linting tembakau gorila. Kepada Polisi, Andika mengaku memesan tembakau tersebut melalui media sosial instagram dan dilanjutkan dengan percakapan melalui WhatsApp.

Agenda sidang perdana ini adalah pembacaan dakwaan. Dalam dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Melur Kimaharandika, SH itu, Andika diketahui memesan ganja sintetis alias tembakau gorila kepada seorang pengedar bernama Dedy. Dedy biasa mengedarkan ganjanya melalui jasa kurir ojek online.

"Terdakwa pada hari Selasa tangal 21 Februari 2017 di rumahnya di Jalan Sarikaso, Sukajadi, Kota Bandung diketahui membeli atau menerima tembakau gorila. Terdakwa membeli tembakau itu seharga Rp 700 ribu," ujar JPU.

Polisi yang sejak awal sudah mengintai pengiriman paket tembakau itu lantas memberhentikan penarik ojek itu untuk membuktikan benar atau tidaknya paket narkotika itu.

Polisi kemudian mengikuti kurir bernama Iyan Hadiana itu ke rumah Andika. Di rumahnya, saat menerima paket tersebut Andika ditangkap. Di dalam paket itu ada 2 bungkus ganja sintetis dalam plastik warna silver. Berat isi paket itu 2,97 gram.

Andika diketahui telah dua kali memesan tembakau gorila kepada Dedy, dan terakhir pada 21 Februari itu. Dia dinilai melanggar pasal 114 ayat (1) Jo pasal 6 ayat (3) Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman paling sedikit 5 tahun penjara. Dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan penggolongan narkotika di dalam lampiran Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (ram)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved