Pakai Cukai Palsu, Petugas Bea Cukai Jabar Sita Puluhan Ribu Botol Miras

Bukan hanya itu, bea cukai juga mengamankan 708 keping pita cukai yang diduga palsu, dan seperangkat alat pengoplos minuman etil alkhol itu.

Tribunjabar/Dian Nugraha Ramdani
Miras Sitaan Bea Cukai Jabar 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dian Nugraha Ramdani

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jawa Barat (Jabar) merilis pengungkapan penindakan barang kena cukai ilegal.

Sebanyak 21.350 botol minuman yang mengandung etil alkohol ilegal atau minuman keras diamankan sebagai barang bukti.

Bukan hanya itu, bea cukai juga mengamankan 708 keping pita cukai yang diduga palsu, dan seperangkat alat pengoplos minuman etil alkhol itu.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat, M Purwantoro mengatakan seorang pelaku yang berinisial TPN (38) ditangkap karena melakukan produksi ilegal itu.

"Pelaku ditangkap di rumahnya di Kecamatan Rancasari, Kota Bandung pada 3 Juni 2017. Di rumah tersebut, aktivitas produksi minuman beralkohol ilegal ini dilakukan," ujar M Purwantoro saat press release hasil Operasi Patuh Ampadan 1 tahun 2017, Rabu (14/6/2017) di Gedung DJBC Jawa Barat, di Jalan Surapati, Kota Bandung.

Baca: Tikam Sopir Grab Car di Tol Cipularang, Dua Pelaku Disergap Polisi di Purwakarta

Modus yang dilakukan tersangka adalah dengan terlebih dahulu membeli minuman dengan ethil alkohol resmi. Satu botol minuman itu dicampur dengan minuman yang dibuatnya sendiri dibantu empat orang pegawai.

"Satu botol resmi menjadi tiga botol minuman dengan ethil alkohol ilegal," ujar M Purwantoro.

Pengoplosoan itu dilakukan dengan mencampurkan cairan karamel dan alkohol. Minuman itu dibuat dengan cara sangat manual, menggunakan wajan dan kompor gas peralatan rumah tangga.

Pelaku sudah melaksanakan kegiatan produksi ini selama setahun, dan diyakini tempatnya berpindah-pindah. "Kerugian negara akibat aktivitas TPN ini diperkirakan dari 21.350 botol minuman dengan etil alkohol itu mencapai Rp 330 juta. Dan hilangnya potensi penerimaan negara di bidang cukai sebanayak Rp 3,96 miliar," ujarnya.

Penulis: Dian Nugraha Ramdani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved