Breaking News:

Puluhan Warga Purwakarta Belum Terima Sertifikat Prona 2016

Puluhan warga Kelurahan Purwamekar Kecamatan Purwakarta Kota Kabupaten Purwakarta, belum menerima sertifikat tanah . . .

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Dedy Herdiana
TRIBUN PONTIANAK
Ilustrasi: Sertifikat tanah. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA,TRIBUNJABAR.CO.ID - Puluhan warga Kelurahan Purwamekar Kecamatan Purwakarta Kota Kabupaten Purwakarta, belum menerima sertifikat tanah Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Purwakarta 2016.

Seperti diketahui, Prona dalah salah satu bentuk kegiatan legalisasi asset dan proses administrasi pertanahan seperti misalnya penerbitan sertipikat tanda bukti hak atas tanah dan diselenggarakan secara massal.

Pengurusan sertifikat Prona umumnya melibatkan kantor kepala desa atau kelurahan di tiap daerah. Lurah Purwamekar, Agung Muttaqien menjelaskan pihaknya sudah ditagih sertifikat prona oleh para pemilik sertifikat.

"Jadi ada 53 orang yang belum mendapat sertifikat Prona 2016. Seharusnya diselesaikan tahun lalu, tapi sampai sekarang belum selesai juga," kata Agung di Purwakarta, Selasa (30/5).

Pada 2016, di kelurahan itu ada total 100 bidang tanah yang akan disertifikatkan lewat program Prona. "Yang terealisasi baru 47 sertifikat prona. Sisanya belum aa kabar kejelasan hingga saat ini," kata Agung.

Ia mengaku telah mengirimi surat meminta kejelasan ihwal belum rampungnya sertifikat prona untuk 53 bidang. Bahkan, ia pernah mendatangi kantor BPN untuk menanyakan kejelasannya.

"Datang ke BPN malah seperti dipimpong, dilempar-lempar. Akhirnya kami kirimi surat untuk minta kejelasan tapi sama-sama belum ditanggapi," katanya.

Sejumlah staf di BPN Purwakarta mengaku belum mengetahui proses Prona di kelurahan itu. "Nanti dari bagian Prona yang menjelaskan karena kalau secara detail itu ada bagian-bagiannya," kata seorang staf di BPN Purwakarta. (men)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved