Internet Satelit Terpasang di 50 Desa di Purwakarta

Wifi dengan akses satelit mulai terpasang di 50 titik desa di 17 kecamatan di Purwakarta di awal tahun ini.

Internet Satelit Terpasang di 50 Desa di Purwakarta
WEB
Ilustrasi 

PURWAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Wifi dengan akses satelit mulai terpasang di 50 titik desa di 17 kecamatan di Purwakarta di awal tahun ini. Mayoritas prioritas jaringan wifi dipasang di desa-desa yang memiliki potensi wisata.

"Yang sudah terpasang baru di 50 titik di 50 kantor desa tersebar di 17 kecamatan. Prioritasnya yang memiliki potensi wisata," kata Kepala Bidang Informasi dan Teknologi Dinas Komunikasi dan Informatika Purwakarta, Enung Asikin ditemui di kantornya Jalan Mr Koesumah Atmadja Purwakarta, Kamis (13/4/2017).

Pemasangan wifi itu kata Enung, sebagai bagian dari janji Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi untuk pengembangan wisata di setiap desa. Selain itu, agar masyarakat bisa mengakses internet untuk pengembangan diri.

"Di 50 desa itu jaringan internetnya memanfaatkan akses satelit agar jaringannya stabil karena jika menggunakan server konvensional," ujar Enung.

Kecepatan internet satelit untuk desa-desa itu mencapai 2 mbps atau setara dengan kecepatan 50 mbps menggunakan server internet konvensional menggunakan tembaga atau fiber optic.

"Meski 2 mbps tapi kecepatannya setara dengan 50 mbps karena menggunakan akses satelit," ujar Enung.

Saat ini, pihaknya sedang memproses pemasangan internet satelit di 70 desa lainnya di 17 kecamatan. Total anggaran untuk internet satelit mencapai Rp 900 juta per tahun.

"Insya Allah bulan depan akses wifi di desa bertambah jadi total 131 desa dari total 191 desa. Sisa 60 desa lagi dirampungkan tahun ini sehingga tahun depan, seluruh desa terakses wifi," katanya.

Adapun pusat internet satelit desa untuk sementara berada di sekitar kantor pemerintahan desa. "Jadi masyarakat pedesaan bisa mengakses wifi gratis di sekitaran kantor desa. Tujuannya agar ekpose potensi desa bisa berkembang," katanya.

Untuk wilayah perkotaan, Enung menambahkan pihaknya telah memasang akses internet di 11 titik tempat di Purwakarta meliputi sejumlah jalan protokol.

"Kecepatan untuk di kota 50 mbps. Anggaran pertahun mencapai Rp 200 juta. Selama ini pengaksesnya sangat banyak karena berada di pusat-pusat keramaian publik," ujarnya. Seperti di area Situ Buleud, Taman Pembaharuan, Taman Alun-alun Purwakarta hingga Mesjid Agung. (men)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved