Perjalanan Kereta Api DAOP 1 Alami Penambahan Waktu Mulai 1 April

Perubahan tersebut sesuai dengan SK DJKA Nomor KA.407/SK.332/DJKA/12/16 tanggal 29 Desember 2016 tentang Pemberlakuan Gapeka 2017

Perjalanan Kereta Api DAOP 1 Alami Penambahan Waktu Mulai 1 April
DOKUMENTASI TRIBUN JABAR
ILUSTRASI: Calon penumpang yang akan membeli tiket melintasi daftar jadwal perjalanan kereta api Daerah Operasi 2 Bandung di Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Seiring dengan perkembangan waktu, perkeretaapian di Indonesia terus mengalami perkembangan baik dari aspek pelayanan, aspek sarana, prasarana, maupun operasional.

Guna mengakomodasi perkembangan tersebut, setiap tahun pihak PT KAI selalu melakukan evaluasi terhadap perjalanan KA untuk meningkatkan pelayanan.

Salah satunya hasil dari evaluasi ini adalah dengan melakukan perubahan perjalanan kereta api yang tertuang dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2017.

Perubahan tersebut sesuai dengan SK DJKA Nomor KA.407/SK.332/DJKA/12/16 tanggal 29 Desember 2016 tentang Pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api 2017. Dengan diberlakukannya Gapeka 2017 ini, maka per 1 April 2017 jadwal perjalanan KA juga mengalami perubahan.

Dalam siaran pers yang dikutip Tribun, Senin (27/3/2017) disebutkan, secara garis besar, pada Gapeka 2017 ini terjadi penambahan waktu perjalanan baik untuk KA penumpang maupun barang dengan jumlah total 1.241 perjalanan KA.

Untuk waktu perjalanan KA penumpang, rata-rata penambahan waktu perjalanan berkisar 6 menit.  Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi, di antaranya:

- Perpanjangan relasi beberapa KA, sehingga waktu perjalanan bertambah.
- Penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.
- Penambahan stasiun pemberhentian guna keperluan pelayananan naik - turun penumpang.

Pada Gapeka 2017, PT KAI Daop 1 Jakarta akan menambahkan 10 perjalanan KA Barang dan 80 perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta.

Pada Gapeka 2017 ini, PT KAI Daop 1 Jakarta kembali melakukan perubahan pola berhenti beberapa KA di stasiun-stasiun tertentu.

Perubahan ini diberlakukan karena pada Gapeka sebelumnya terdapat KA-KA berjalan langsung (tidak berhenti) di beberapa stasiun di wilayah Daop 1.

Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang terkait sterilisasi stasiun. Karena saat ini kondisi stasiun-stasiun tersebut sudah dinilai kondusif, maka KA-KA tersebut kembali berhenti di stasiun Karawang guna mengakomodir permintaan masyarakat.

Perubahan jadwal perjalanan KA pada Gapeka 2017 dibuat lebih realistis dan fokus pada keselamatan dan ketepatan waktu, karena masyarakat menyadari sepenuhnya bahwa faktor keselamatan dan ketepatan waktulah yang lebih diutamakan.

Pada Gapeka 2017 ini, diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan moda transportasi massal yang bebas macet, aman, dan nyaman dari moda transportasi darat lainnya.

Selain itu, dari sisi angkutan barang, perubahan pada Gapeka 2017 ini diharapkan dapat menarik minat para pengusaha untuk beralih moda transportasi dari truk ke KA sehingga dapat mengurangi beban jalan raya dan polusi udara. (tif)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved