Pesawat Tempur F-16 Milik TNI Tergelincir, Dua Pendaratan Penerbangan Dialihkan

Dua penerbangan sipil terkena dampak tergelincirnya pesawat tempur F-16 milik TNI AU Roesmin Nurjadin, di Bandara SSK II Pekanbaru.

Pesawat Tempur F-16 Milik TNI Tergelincir, Dua Pendaratan Penerbangan Dialihkan
handout
Pesawat tempur F16 milik TNI dilaporkan tergelincir dalam penerbangan latihan di landasan pacu Bandara Sultan Syarif Kasim II, Selasa (14/3/2017) sore. 

PEKANBARU, TRIBUNJABAR.CO.ID -- Dua penerbangan sipil terkena dampak tergelincirnya pesawat tempur F-16 milik TNI AU Roesmin Nurjadin, di Bandara SSK II Pekanbaru

Officer In Charge (OIC) Bandara SSK II Pekanbaru, Bambang Setiawan mengatakan, setidaknya ada dua pesawat yang akan mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru terpaksa dialihkan. Dua penerbangan tersebut yakni maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air.

"Maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 178 dari Jakarta divert (dialihkan) ke Bandara Internasional Minangkabau," katanya.

"Sedangkan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 295 harus return to base (kembali ke bandara asal) yakni ke Kuala Namu," katanya lagi.

Berita sebelumnya, pesawat tempur F-16 milik TNI AU Roesmin Nurjadin dikabarkan mengalami kecelakaan, Selasa (14/3/2017) sekitar pukul 17.25 WIB di Bandara SSK II Pekanbaru.

Menurut data awal yang dirilis pihak Lanud Roesmin Nurjadin, pesawat tersebut tergelincir di ujung runway 18 setelah landing (mendarat) dari runway 36.

Kejadian ini diduga diakibatkan karena pesawat mengalami break malfunction atau kegagalan saat mengerem.

"Iya benar. Saya masih kumpulkan data. Jam 10 WIB (malam) yang akan gelar jumpa pers (pesawat tergelincir)," ucap Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma Henri Alfiandi membenarkan.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran milik Bandara dan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin dikerahkan pasca tergelincirnya pesawat tempur F-16 tersebut.

Sedangkan kondisi pilot atau penerbang sendiri yakni Myr Pnb Andri (jabatan Kasiops) dan Lettu Pnb Marko (siswa konversi) diketahui dalam keadaan selamat dan tidak terluka.

Editor: Ferri Amiril Mukminin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved