Jabar Urutan Pertama Investasi Penanaman Modal Asing

Jawa Barat tercatat menduduki urutan pertama dilihat dari realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) 2016 di Indonesia

Jabar Urutan Pertama Investasi Penanaman Modal Asing
tribunjabar/siti fatimah
Acara High Level Meeting di Kantor Perwakilan BI Jabar, Rabu (8/3/2017) 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Jawa Barat tercatat menduduki urutan pertama dilihat dari realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) 2016 di Indonesia. Namun untuk realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) 2016, Jawa Barat menduduki urutan nomor dua diantara provinsi lainnya. Demikian diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Juda Agung pada acara High Level Meeting Forum West Java Incorporated di Kantor Perwakilan BI Jawa Barat, Rabu (8/3/2017).

Menurutnya, realisasi investasi PMA di Jawa Barat pada tahun 2016 mencapai USD 5,47 miliar dengan negara penanaman modal terbesar adalah Jepang dengan nilai USD 2,86 miliar. Realisasi investasi PMDN mencapai USD 1,17 miliar

"Pertumbuhan investasi di Jawa Barat tersebut didukung oleh peningkatan laju pertumbuhan PMA, sementara pertumbuhan PMDN masih mengalami perlambatan," katanya.

Peningkatan laju pertumbuhan PMA, didorong oleh investasi pada industri alat angkutan dan industri makanan. Disisi lain, perlambatan laju PMDN disebabkan oleh menurunnnya investasi pada industri kimia dan industri makanan. "Jika dilihat dari lokasi sebarannya, pangsa PMA dan PMDN terbesar disalurkan ke wilayah yang merupakan basis industri seperti Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Purwakarta," katanya. (tif)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved