Breaking News:

Banyak Lahan PJT II di Bekasi-Karawang Dialihfungsikan, Malah Ada yang Disertifikatkan

Potensi pengalihfungsian lahan milik PJT di kawasan Bekasi dan Karawang semakin besar seiring dengan perluasan kawasan industri dan perumahan.

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Kisdiantoro
TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA
ILUSTRASI --- Direksi PJT II melepas benih ikan di Bendungan Jatiluhur, Senin (19/12). 

PURWAKARTA,TRIBUNJABAR.CO.ID - Lahan milik Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur di Kabupaten Karawang dan Bekasi tepatnya di sejumlah bantaran sungai dialihfungsikan jadi permukiman warga hingga tempat usaha.

"Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat bagaimana mengoptimalisasi lahan untuk segera dikembalikan lagi. Ada di Karawang dan Bekasi," kata Sumyana Sukandar selaku Direktur I PJT II Jatiluhur di Hotel Grha Vidya, kawasan Bendungan Ir H Juanda, Selasa (7/3).

Pengalihfungsian lahan di bantaran sungai seperti Sungai Kalimalang, Kabupaten Bekasi. Ia sudah berkoordinasi dengan Pemkab Bekasi untuk pengembalian lagi aset tersebut. Umumnya, pengalihfungsian tersebut berada di 15 hingga 20 meter di sempadan sungai.

"Di daerah sempadan, dari saluran sungai kiri hingga kanan. Kami akan kuasai dulu salurannya, pada intinya pengamanan dulu, mengamankan aset. Total luasnya masih kami inventarisir," ujar dia.

Bahkan kata dia, pengalihfungsian tersebut beberapa diantaranya ada yang sudah disertifikatkan. "Kita melihat dulu surat menyuratnya, nanti dibuktikan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) karena sekarang kalau mau membuat sertifitat tanah harus ada penjelasan dari kami juga," katanya.

Potensi pengalihfungsian lahan milik PJT di kawasan Bekasi dan Karawang semakin besar seiring dengan perluasan kawasan industri dan perumahan.

"Sebentar lagi di Subang ada Pelabuhan Patimban, di Subang juga ada lahan milik PJT. Kami juga mulai berkoordinasi agar lahan milik PJT di Subang ini tidak dialihfungsikan," kata dia. (men)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved