Tiga Burung Elang Dievakuasi, Salah Satunya Mengalami Bulu Rontok

Kepala BBKSDA Jabar, Sustyo Iriono, mengatakan, penyerahan satwa itu menunjukkan kesadaran masyarakat terhadap

Tiga Burung Elang Dievakuasi, Salah Satunya Mengalami Bulu Rontok
TRIBUN JABAR/ZELPHI
ILUSTRASI: SERAHKAN BURUNG ELANG --- Seekor burung elang dari jenis elang ular bido diserahkan pemiliknya, Dede warga Lembang kepada Zaini Rakhman dari Pusat Konservasi Elang Kamojang disela-sela acara Pameran Foto Elang tahun 2016 yang dilakukan komunitas pemotret burung (Eloner Indonesia), di outlet perlengkapan alam bebas, Eiger, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Sabtu (27/8/2016). Komunitas Eloner Indonesia selain menyalurkan hobi memotret burung juga melakukan edukasi kepada masyarakat dalam mengampanyekan program pemerintah terkait konservasi alam dan pelestarian lingkungan hidup. Salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menyerahkan burung elang yang mereka pelihara kepada pihak yang lebih berwenang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar menerima tiga ekor burung elang dari masyarakat. Satu dari tiga elang dengan jenis berbeda yang diserahkan itu mengalami bulu rontok.

Informasi yang dihimpun Tribun, ketiga burung elang itu diterima BBKSDA Jabar dari dua warga Kabupaten Bandung. Adapun jenis burung elang itu, yakni Elang Brontok, Elang Bondol, dan Elang Ular Bido. Sedangkan penyerahan dilakukan kediaman pemilik elang-elang itu pada Senin (13/2/2017).

Kepala BBKSDA Jabar, Sustyo Iriono, mengatakan, penyerahan satwa itu menunjukkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian satwa yang dilindungi undang-undang mulai tumbuh. Adapun satwa itu dievakuasi di kantor Bidang Wilayah II Bandung sebelum dibawa ke Pusat Konservasi Elang Kamojang Garut untuk mengikuti proses rehabilitasi.

"Penyerahan elang-elang itu sendiri dilakukan secara sukarela," kata Sustyo kepada wartawan melalui pesan singkat, Rabu (15/2/2017).

Sustyo menjelaskan, awalnya petugas kantor Bidang Wilayah II Bandung mendapatkan informasi tentang adanya warga Kabupaten Bandung yang ingin menyerahkan satwa jenis elang. Petugas pun mencari warga tersebut hingga akhirnya bertemu dengan Ahmad Yusro Gusroni, warga RT 2/2 Kampung Panyocokan, Desa Panyocokan, Kecamatan Ciwidey.

"Ahmad merupakan pemilik Elang brontok berjenis kelamin betina yang usianya baru enam bulan," kata Sustyo.

Dikatakan Sustyo, Ahmad langsung menyerahkan seekor Elang Brontok itu kepada Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan BBKSDA Jabar. Menurut pengakuan yang bersangkutan, sata itu merupakan pemberian temannya di daerah Cirebon.

"Kondisi Elang Brontok ini kami terima dalam keadaan sehat," kata Sustyo.

Serupa dengan Ahmad, kata Sustyo, Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan BBKSDA Jabar juga bertemu dengan Burhanudin, warga RT 3/17 Kampung Cirande, Desa Jelekong, Kecamatan Kutawaringin. Burhanudin merupakan pemilik Elang Bondol dan Elang Ular Bido yang telah dipeliharanya selama 4-5 bulan terakhir.

"Menurut pengakuan yang bersangkutan bahwa satwa tersebut pemberian dari temannya di daerah Ciamis dan Garut," ujar Sustyo.

Berdasarkan hasil identifikasi, Elang Bondol diketahui berjenis kelamin jantan dengan usia satu tahun. Sedangkan Elang Ular Bido diketahui berjenis kelami jantan yang usianya diperkirakan enam bulan.

"Elang Bondol diserahkan dalam keadaan sehat, sedangkan Elang Ular Bido dalam keadaan bulu rontok," kata Sustyo. Kemudian satwa tersebut diserahkan kepada Tim Gugus dan Penyelamatan BBKSDA Jawa Barat. (cis)

Penulis: cis
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved