Breaking News:

Tribun Health

Keluhan Ibu di Usia Kehamilan 4 Bulan, Gak Baca Rugi Lho!

Banyak ibu hamil yang sudah terbiasa menyikapi kondisi kehamilan di usia kehamilan ini, meskipun demikian sebagian. . .

plus.google.com
Ilustrasi_ Wanita hamil. 

TRIBUNJABAR.CO.ID -- Banyak ibu hamil yang sudah terbiasa menyikapi kondisi kehamilan di usia kehamilan ini, meskipun demikian sebagian ibu hamil lagi masih mengalami kondisi dimana fisik dan psikis menggangu aktivitasnya.

Kondisi kehamilan di usia 4 bulan memang tidak seburuk kondisi diawal kehamilan dimana perubahan yang seringkali terjadi dipengaruhi oleh hormonal.

Pada usia kehamilan ini, ibu hamil harus mengetahui perubahan yang terjadi secara normal atau kondisi abnormal.

Mengingat banyak sekali keluhan yang terjadi selama kehamilan.Menambah wawasan seputar kehamilan dan juga konsultasi dengan bidan/dokter kandungan sangat diperlukan.

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil berbeda-beda setiap bulannya. Sehingga diperlukan pemantauan kesehatan baik oleh perubahan yang terjadi dan terasa oleh ibu hamil atau menggunakan bantuan medis.

Perubahan yang terjadi selama kehamilan akan memicu keluhan selama kehamilan, kali ini kami akan membahas mengenai keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil usia 4 bulan.

Memasuki usia 4 bulan atau trimester kedua kehamilan ibu akan mengalami banyak perubahan, kondisi perubahan yang dialami oleh ibu hamil ada yang harus disikapi sebagai tanda adanya perubahan abnormal adapula yang merupakan kondisi normal di dalam tubuh ibu hamil.

Kondisi ibu yang mengalami perkembangan dan perubahan selama bulan ke 4 ini seringkali ditandai dengan perubahan fisik.

Kondisi yang muncul di usia 4 bulan kehamilan diantaranya adalah ibu hamil mengalami linea yaitu garis gelap yang memanjang pada bagian perut. Garis ini memanjang dari bagian perut ke sekitar alat kewanitaan hingga pusar yang disebkan karena terjadinya peregangan kulit .

Selanjutnya daerah leher ibu hamil  yang terlihat berwarna hitam meskipun demikian kondisi ini bukan merupakan pertanda gangguan kesehatan yang membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Halaman
123
Penulis: Fauzie Pradita Abbas
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved