Breaking News:

Bocah Garut Kehilangan Tangan

Dokter Ingin Selamatkan Tangan Kanan Jamal Tapi Pembuluh Darah Tidak Baik

Menurut dokter spesialis ortopedi RSHS Bandung, Ghuna Arioharjo Utoyo, kini hari keempat pascakejadian, Jamal masih dalam perawatan luka amputasi

Editor: Kisdiantoro
ISTIMEWA
Jamaludin Muhammad, warga Kampung Cisanta, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dirawat di RSHS setelah kedua tangannya tergilas mesin membuat bata merah. 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Dokter yang menangani Jamaludin Muhammad, bocah berusia 6 tahun yang kedua tangannya tergilas mesin press bata merah, sebenarnya hendak menyelamatkan tangan kanan. Namun hal itu tak bisa dilakukan karena pembuluh darahnya tak mendukung alias dalam keadaan tidak baik.

Anak dari pasangan Heryadi dan Lisnawati (23) itu, kini masih terbaring di RSHS, dan masih dalam perawatan dokter.

Menurut dokter spesialis ortopedi RSHS Bandung, Ghuna Arioharjo Utoyo, kini hari keempat pascakejadian, Jamal masih dalam perawatan luka amputasi tangan kanan dan kiri yang hampir sampai bahu.

"Jadi membutuhkan sekali atau dua kali lagi oprasi untuk menutup lukanya, kita menunggu apa ada infeksi atau tidak, mudah-mudahan tidak infeksi," ujar Ghuna, yang juga menjadi dokter penanggung jawab pasien.

"Sempat terpikirkan dan ingin menyelamatkan tangan kanannya, namun keadaan pembulu darah dan yang lainnya sudah tidak baik," ujar Ghuna.

Ghuna menjelaskan, jika ada kejadian seperti ini, tapi clean cut, seperti terkena sabetan samurai, ia menyarankan langsung menutup lukanya dibalut dengan sedikit ditekan.

"Sedangkan bagian tubuh yang terpotong dimasukan ke dalam pelastik bersih, dan diberi es. Tapi jangan dimasukan bareng dengan es, sebab jika esnya mencair itu terendam dan akan bengkak," ujar dia.

Ghuna memaparka, tapi bagian yang terpotong dimasukan kedalam plastik dan terdapat kantung es juga. Ghuna mengatakan, jadi nantinya kemungkinan bisa diriplantasi atau disambungkan.

"Tapi jika yang terputus membengkak sulit," ujar dia.

Adapun keadaan tangan Jamal, yang kiri lepas cumpang camping, dan yang kanan pun cumpang camping, Untuk mempertahankannya sulit  kalau dipaksakan akan hitam dan fungsinya juga sulit.

"KininIa masih ada tulang lengannya karena kita memikirkan kedepannya untuk tangan palsunya gimana," ujar Ghuna. (cc)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved