Tabrak Pembatas Truk Salto dan Mendarat di Atas Rel, Beruntung Tak Ada Kereta Melintas

Sebuah truk boks tiga perempat terjun ke atas rel KA lintas selatan di betulan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya

Tabrak Pembatas Truk Salto dan Mendarat di Atas Rel, Beruntung Tak Ada Kereta Melintas
tribunjabar/firman suryaman
Truk boks terlentang di atas rel KA di betulan jembatan Gentong lama, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (19/1/2017). Sebelumnya truk menabrak pagar jembatan dan terjun ke bawah diduga akibat sopir mengantuk. 

TASIKMALAYA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Sebuah truk boks tiga perempat terjun ke atas rel KA lintas selatan di betulan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (19/1/2017). Beruntung saat kejadian tak ada rangkaian KA yang melintas.

Dari informasi yang dihimpun di lokasi, truk boks warna putih itu meluncur cukup kencang dari arah atas (Bandung). Namun saat memasuki jembatan yang di bawah ada rel KA, truk tidak terkendali kemudian menabrak pagar batas jembatan lalu salto ke bawah dengan posisi ban di atas.

"Tiba-tiba terdengar suara bruk, ternyata ada truk boks nabrak jbatan dan langsung terjungkal ke atas rel di bawah jembatan. Kami berlarian hendak menolong sopir karena khawatir ada kereta api melintas. Yang lain segera memberitahu stasiun terdekat," kata Heri (24), petugas ganjal tanjakan Gentong. Tak lama datang petugas Satlantas dan PT KAI.

Diketahui sopir menderita luka cukup parah dan segera dilarikan ke RS Lambow Ciawi. Namun kemudian dirujuk ke RSU dr Soekardjo Kota Tasikmalaya. "Dugaan sementara musibah itu akibat sopir mengantuk. Dia terlelap sesaat ketika akan masuk jembatan," kata Kanit Laka Satlantas Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Iwan Cahyadi.

Petugas Satlantas bersama PT KAI berupaya mengevakuasi bangkai truk. Namun sejumlah tangkaian KA tetap sempat tertahan hingga bangkai truk berhasil diangkat. Jalur baru pulih kembali sekitar pukul 09.30 setelah bangkai truk boks ditarik truk tronton dari atas.

Kepala Stasiun KA Tasikmalaya, Toni Harianto, mengatakan, musibah terjadi sekitar pukul 08.00. Tepatnya di jembatan Gentong lama atau KM 238.01. "Bagian belakang truk berada di atas rel, sehingga evakuasi dipercepat agar tidak sampai menghambat terlalu lama perjalanan kereta," katanya.

Sejumlah perjalanan rangkaian KA pe numpang yang tertahan antara lain KA Lodaya jurusan Bandung-Malang tertahan di Stasiun Cipeundeuy, KA Argowilis jurusan Bandung-Surabaya tertahan di Stasiun Cicalengka dan KA Serayu tertahan di Stasiun Ciawi. (stf)

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved